Kekuatan Baru Mengubah Masalah Jadi Mahkota

ReMAKA: Renungan Malam Keluarga Allah

BACAAN HARI INI
Ulangan 20:1-20

RHEMA HARI INI
Ulangan 20:4 sebab TUHAN, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai kamu untuk berperang bagimu melawan musuhmu, dengan maksud memberikan kemenangan kepadamu.

Sudah beberapa kali Odi mencoba mengajukan KPR ke beberapa bank, namun belum ada satu pun bank yang menerima pengajuannya. Padahal sebentar lagi ia akan diusir dari kontrakannya. Odi sudah lelah bertahun-tahun harus hidup nomaden, sehingga akhirnya ia memutuskan untuk membeli rumah saja. Namun sepertinya membeli rumah pun juga tidak semudah yang ia bayangkan. Di saat Odi sudah hampir berputus asa, ia pun datang kepada Yesus dan menyerahkan segala sesuatunya di bawah kaki-Nya. “Ya Tuhan, biarlah kehendak-Mu yang jadi atasku. Kalaupun Engkau menghendaki aku untuk kontrak lagi, itupun aku jalani dengan ucapan syukur karena aku tahu rancangan-Mu yang terbaik,” begitulah doa Odi malam itu dalam saat teduhnya. Dan setelah ia selesai saat teduh, Odi merasakan suatu kelegaan yang luar biasa dalam hatinya.

Beberapa bulan telah berlalu dan masih belum ada satu bank pun yang menerima pengajuan KPR Odi. Sore itu sama seperti hari-hari biasanya, sepulangnya dari kerja Odi menuju ke rumah kontrakannya. Tiba-tiba sudah ada Om Reno, kerabat jauhnya, menunggu Odi di depan rumahnya. Ternyata Om Reno hendak membeli sebuah rumah kos, namun karena ia tinggal di luar kota, ia menyuruh Odi untuk mengelola rumah kos tersebut. Dan ternyata Om Reno pun juga sudah mempersiapkan sebuah rumah lainnya di sebelah rumah kos itu untuk diberikan kepada Odi secara cuma-cuma supaya Odi tidak perlu pergi jauh-jauh dalam mengelola rumah kos milik Om Reno. Wow! Odi pun sangat terkejut mendengarnya. Ternyata selama ini Tuhan mengijinkan pengajuan KPR nya ditolak adalah agar supaya Odi mendapatkan rumah secara gratis!

Seringkali kita seolah-olah menghadapi jalan buntu dalam kehidupan kita dan kita pun menjadi putus asa karena kita tidak tahu lagi harus bagaimana. Di saat seperti itu adalah saat yang sangat tepat untuk datang kepada Yesus karena Dia lah yang akan memberikan kepada kita kekuatan dan semangat yang baru. Percayalah bahwa rancangan-Nya adalah yang terbaik bagi kita sekalipun kita belum dapat melihatnya. Imani bahwa Dia adalah Allah yang sanggup mengubahkan masalah kita menjadi mahkota.

RENUNGAN
Tuhan sanggup memberikan KEKUATAN BARU kepada kita dan MENGUBAHKAN masalah menjadi MAHKOTA.

APLIKASI
1. Pernahkah Anda mengalami pergumulan yang berat sampai Anda hampir putus asa?
2. Menurut Anda, mengapa Tuhan kadang mengijinkan kita menghadapi masalah?
3. Apa yang sekiranya dapat Anda lakukan dalam pergumulan Anda ketika menghadapi masalah?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan kami mau menyerahkan segala permasalahan kami di bawah kaki-Mu. Kami percaya Engkau yang berdaulat penuh atas hidup kami dan rancangan-Mu adalah yang terbaik bagi kami. Kami mau berharap dan berserah penuh kepada-Mu, ya Tuhan. Karena kami tahu ada kekuatan yang baru di dalam Engkau. Dan Engkau sendiri yang akan mengubahkan masalah menjadi mahkota bagi kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Pentingnya senantiasa membangun persekutuan dengan Tuhan terus-menerus.

Kita tahu bahwa tanpa hubungan yang intim dengan Roh Kudus sebenarnya kita ini kosong. Itu sebabnya gereja kita sangat mendorong bahkan menyediakan fasilitas supaya jemaat bisa membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan melalui ReKA (Renungan Keluarga Allah) yang dibagikan kepada setiap jemaat setiap pagi.

Tetapi sebenarnya, untuk sebuah pertumbuhan rohani yang sehat, kuat, serta konsisten, kita tidak cukup hanya bersekutu dengan Tuhan 1x di pagi hari saja, melainkan kita harus melakukannya dengan konsisten, setiap saat bersekutu dengan Tuhan.

Secara jasmani saja, kita bisa saja makan 1x dalam 1 hari, tetapi kekuatan tubuh kita tidak akan bisa maksimal jika dibandingkan dengan kalau kita makan 3x sehari. Demikian juga dalam hal minum obat, kebanyakan obat harus diminum 3x sehari supaya tubuh kita yang sakit bisa segera sembuh. Oleh sebab itu bagaimana mungkin kita bisa berpikir bahwa roh kita bisa kuat kalau kita hanya memberi makan roh kita 1x sehari saja? Kita perlu memberi makan manusia roh kita setidaknya 3x sehari, sama seperti kita memberi makan manusia jasmani kita.

Kita bisa melihat Tuhan Yesus, teladan yang sempurna bagi kita semua. Bagaimana IA terus-menerus membangun hubungan yang intim dengan Bapa-Nya. Pagi-pagi benar, ketika hari masih gelap, Tuhan Yesus sudah duduk diam di bawah kaki Tuhan. Siang hari di tengah-tengah kesibukan-Nya melayani orang-orang yang membutuhkan mujizat-Nya, Tuhan Yesus melepaskan diri dari keramaian dan datang kembali kepada Tuhan. Malam hari, ketika kebanyakan orang sudah tidur, Tuhan Yesus menyediakan waktu khusus untuk bersekutu dengan Tuhan.

Begitu juga dengan kehidupan Daud. Dikatakan di dalam Alkitab bahwa 7x dalam sehari Daud memuji-muji Tuhan. Ini artinya Daud memiliki persekutuan yang konsisten dan terus-menerus dengan Tuhan. Demikian juga dengan Daniel. 3x sehari Daniel berlutut, berdoa, serta memuji Allah. Smith Wigglesworth, hamba Tuhan yang dipakai Tuhan membangkitkan banyak orang mati, berkata ia tidak berdoa lebih dari 15 menit, tetapi ia tidak akan melewatkan 15 menit berlalu tanpa berdoa. Tidak heran jika orang-orang besar yang dipakai Tuhan luar biasa itu memiliki kehidupan roh yang kuat, mantap dan penuh kuasa.

Itulah sebabnya mengapa penting sekali bagi kita untuk terus-menerus membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan. Namun, kendala yang terjadi di banyak kehidupan kita sehari-hari adalah seringkali kita lupa bersekutu dengan Tuhan saat kita sudah disibukkan dengan berbagai macam hal yang harus kita kerjakan sepanjang hari itu. Itu sebabnya saat ini ReKA hadir 3x dalam sehari untuk mengingatkan kita supaya senantiasa membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan terus-menerus sepanjang hari. Dengan adanya ReKA setiap pagi, siang, dan malam ini, maka kita akan terus didorong membangun persekutuan yang intim, kuat, dan konsisten dengan Tuhan sehingga manusia roh kita semakin lama akan semakin dibangun dan dikuatkan untuk melakukan hal-hal yang besar bagi kemuliaan Tuhan.