KEKUATAN DAN KETEGUHAN DARI PERCAYA DIRI ILAHI

BACAAN HARI INI

Yosua 1:1-18

RHEMA HARI INI

Yosua 1:9 Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke manapun engkau pergi.”

Seorang anak kecil dikenal karena kepolosan dan spontanitasnya. Anak kecil percaya apa saja yang dikatakan oleh orang tuanya. Ketika masih belajar berjalan dan berkali-kali terjatuh, anak kecil akan selalu bangkit dan mencoba berjalan lagi ketika orang tuanya memberi semangat dan pujian. Walaupun kakinya belum kuat karena memang belum pernah dipakai berjalan tegak, tapi anak kecil percaya ia bisa berjalan bahkan berlari kepada orang tuanya yang siap menyongsong dengan kedua tangan terbuka di depannya. Dengan percaya diri, anak itu akan terus berdiri saat ia terjatuh dan mencoba lagi sampai akhirnya ia benar-benar bisa berjalan.

Rasa PERCAYA pada orang tuanyalah yang memberi seorang anak kekuatan dan keteguhan untuk bisa berhasil melakukan apa yang dikatakan orang tuanya. Sebab bagi seorang anak kecil, orang tuanya tak pernah salah, apapun yang mereka katakan pasti benar. Jadi jika orangtuanya berkata ia bisa, maka ia pasti bisa. Dari situlah muncul kepercayaan diri yang sangat penting bagi tumbuh kembang seorang anak sampai ia dewasa kelak.

Begitupun Bapa kita selalu berusaha memberi kita percaya diri ilahi. Seringkali akibat berbagai tekanan dan kesulitan hidup, kita menjadi lemah. Kehilangan kepercayaan diri dan menganggap diri kita memang orang yang gagal. Hari ini firman Tuhan berkata kepada kita semua, “Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke manapun engkau pergi.” (Yosua 1:9) Tuhan mau kita menyadari bahwa kita adalah anak-anakNya, umat kesayangan-Nya, yang telah ditebus-Nya dengan harga yang sangat mahal. Kita begitu berharga di mata Tuhan Sang Pencipta alam semesta, dan jika Dia sendiri yang yang berjanji untuk menyertai kita kemanapun kita pergi, apa lagi yang perlu kita kuatirkan? Tanamkanlah ini dalam hati, percaya diri ilahi yang kita miliki akan menguatkan dan meneguhkan kita dalam menghadapi segala sesuatu.

RENUNGAN

PERCAYA DIRI ILAHI memberi kita KEKUATAN dan KETEGUHAN dalam menghadapi segala sesuatu.

APLIKASI

1. Pernahkah Anda merasa begitu lemah dan tidak mampu karena menghadapi serentetan kegagalan?
2. Mengapa Anda perlu memiliki rasa percaya diri ilahi?
3. Apa perbedaan yang Anda rasakan dalam menghadapi segala sesuatu ketika Anda telah memiliki rasa percaya diri ilahi?

DOA UNTUK HARI INI

Bapa, terima kasih atas rhema firman-Mu yang telah meneguhkan dan menguatkan kami kembali. Kami yakin dan percaya bersama dengan Engkau kami cakap menghadapi segala sesuatu, sebab tak ada yang tak mungkin dan mustahil bagi-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus Kristus kami berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!