Kekuatan Kasih

BACAAN HARI INI
Markus 12:28-34

RHEMA HARI INI
Markus 12:30 Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu.

Pada waktu kaisar Nero memerintah kerajaan Roma, ada sekelompok prajurit elit pendukung kaisar yang diberi nama “Para Pembela Kaisar”. Mereka adalah orang-orang pilihan yang gagah perkasa yang diberi pengarahan untuk senantiasa membela dan mendukung kaisar Roma yang berkuasa. Pada suatu hari sampailah berita ke telinga kaisar Nero bahwa banyak anggota pasukan khusus ini yang jadi orang Kristen. Maka dikeluarkannyalah sebuah perintah kepada Vespasianus, komandan pasukan elit ini untuk menghukum mati anggotanya yang menjadi Kristen. Vespasianus merasa sedih sekali menerima perintah ini, sebab ia mempunyai hubungan yang sangat dekat dengan anak buahnya. Dengan hati yang berat ia mengumpulkan pasukannya di sebuah tanah lapang di tepi danau yang membeku di musim dingin, dan mengajukan pertanyaan kepada mereka siapa-siapa saja yang sudah jadi orang Kristen. Ternyata ada empat puluh prajurit dengan gagah berani maju ke depan dan menyatakan dirinya sebagai orang Kristen. Vespasianus terkejut melihat jumlah yang cukup banyak itu, lalu ia memberikan kesempatan kepada mereka untuk kembali kepada penyembahan berhala yang dipercayai oleh orang-orang Roma. Jadi, sekarang aku perintahkan kepadamu bagi yang tetap ingin menjadi Kristen untuk membuka pakaiannya dan berjalan ke tengah danau yang membeku ini dan tetap berada di situ sepanjang malam. Tetapi siapa diantara kamu yang mau menyangkali imanmu, boleh segera datang ke tepi danau ini dimana teman-temanmu menunggu di tengah kehangatan api yang menyala dan makanan lezat. Demikianlah empat puluh prajurit yang setengah telanjang itu berjalan ke tengah danau yang membeku sambil menyanyikan pujian rohani: “Empat puluh prajurit, berjuang bagi-Mu, ya Kristus, untuk meraih kemenangan yaitu mahkota kehidupan bagi kemuliaan-Mu!” Empat puluh prajurit itu terus menyanyi berjam-jam lamanya di tengah-tengah cuaca yang dingin membeku. Menjelang pagi hari, seorang dari empat puluh prajurit itu merasa tidak tahan menjalani siksaan itu dan berjalan dengan susah payah ke tepi danau. Vespasianus melihat prajurit yang seorang ini mendekati api yang menyala untuk menghangatkan badannya, namun ketika ia melihat ke tengah danau, ia melihat bukan hanya 39 prajurit yang sudah hampir mati karena kedinginan sepanjang malam tanpa pakaian dan makanan, namun ia juga melihat pemandangan yang luar biasa! Ia melihat pasukan malaikat berada di atas prajurit-prajurit yang setia itu dengan membawa mahkota yang gemerlapan, siap untuk dipakaikan kepada 39 prajurit yang setia itu! Dengan tidak ragu sedikitpun, Vespasianus melangkahkan kakinya dan bergabung dengan 39 prajuritnya, lalu mereka mati bersama-sama.

Ketika kita berjumpa dengan pribadi Yesus yang adalah Kasih, maka hati kita dipenuhi dengan kasih Tuhan yang kekuatannya jauh melampaui sekedar kasih manusia. Kekuatan kasih itulah yang memampukan kita mengasihi Tuhan dengan segenap hati, jiwa, dan kekuatan kita sampai pada akhirnya. Di hari-hari terakhir, Alkitab berkata bahwa kasih kebanyakan orang menjadi tawar, tetapi hanya yang memiliki persekutuan dengan Tuhanlah yang terus bertahan dalam kasih sampai pada kesudahannya.

RENUNGAN
Hanya KASIH AGAPE yang memampukan kita bisa mengasihi Tuhan dengan SEGENAP HATI, jiwa dan kekuatan.

APLIKASI
Mampukah Anda tetap mengasihi Yesus ketika Anda ada dalam pilihan yang sangat berat, renungkan ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa kami mau terus berjuang untuk tetap setia sampai akhir nanti Engaku temui kami. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Mikha 1-3
Wahyu 11