KEKUDUSAN TAK BISA BERCAMPUR DENGAN DOSA

RHEMA HARI INI

2 Korintus 6:14 Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap?

Karena Tuhan rindu untuk mencurahkan kasih-Nya, maka Tuhan menciptakan Adam sebagai manusia pertama,menurut gambar dan rupa Allah sendiri. Tuhan yang sangat mengerti kebutuhan Adam lalu menciptakan Hawa sebagai penolong bagi Adam. Karena kasih-Nya pula, Adam dan Hawa hidup dalam segala kelimpahan dan kemudahan di taman Eden yang khusus di ciptakan Tuhan bagi mereka. Namun walaupun begitu besar kasih-Nya, tetapi saat Adam dan Hawa melakukan dosa, Tuhan dengan tegas mengusir mereka dari taman Eden, sebab tidak ada tempat bagi dosa di hadapan Tuhan.

Dosa dan kekudusan itu seperti air dengan minyak yang tak mungkin bisa bersatu. Seperti terang tidak mungkin bisa bersatu dengan gelap. Oleh sebab itu, apa yang Rasul Paulus dan Timotius ingatkan pada jemaat di Korintus, hendaknya menjadi peringatan juga bagi kita semua. Berhati-hatilah dan jagalah pergaulan kita, agar jangan sampai kita menjadi pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Mungkin awalnya kita sangat menyukai dan mengasihi mereka, namun lama kelamaan akan semakin terlihat jelas perbedaan antara kebenaran dan kedurhakaan yang tidak mungkin bisa disatukan.

Tuhan memang cinta semua orang termasuk orang yang berdosa, tetapi Roh Allah yang Kudus tidak bisa bersatu dengan dosa. Sebagai manusia, seringkali kita masih kompromi dengan dosa. Sebab kita merasa di satu sisi kita sudah benar-benar menjaga kekudusan, hanya ada ketidaktaatan kecil yang kita anggap tidak merugikan dan menyakiti orang lain. Tetapi yang sedikit itu, ternyata membuat Roh Kudus tidak bisa berkarya dalam hidup kita. Kekudusan Roh Kudus tidak bisa menerima noda dosa sekecil apapun. Itu sebabnya kita harus benar-benar menjaga kekudusan dalam hati, pikiran, perbuatan dan perkataan kita. Jangan berkecil hati jika dalam prosesnya kita sempat jatuh bangun dalam dosa, sebab ada Darah Yesus yang akan mengkuduskan kita kembali. Tetaplah bangkit jika kita jatuh, tetaplah berusaha sekuat tenaga dan mintalah pertolongan Roh Kudus agar kita bisa senantiasa hidup dalam kekudusan. (PF)

RENUNGAN

KEKUDUSAN tidak bisa BERCAMPUR dengan DOSA.

APLIKASI

1. Apakah perumpamaan air dengan minyak yang tak mungkin bersatu, cukup menjelaskan bagi Anda bagaimana kekudusan tak bisa bercampur dengan dosa?
2. Periksalah diri Anda dengan jujur, masihkah ada dosa yang membuat Roh Kudus tidak bisa berkarya sepenuhnya dalam diri Anda?
3. Apa komitmen Anda agar dosa tak lagi mencemari kekudusan Anda?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan Yesus, ampuni kami jika masih ada dosa yang kami kompromikan. Terimakasih Engkau telah mengingatkan kami bahwa kekudusan Roh Kudus tak bisa bercampur dengan dosa. Tolong kami ya Roh Kudus, untuk meninggalkan dan membuang segala dosa dan kekotoran kami. Agar Engkau berkenan tinggal dan berkarya dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!