Kelepasan Dari Segala Bentuk Ikatan

BACAAN HARI INI
Lukas 4: 16-30

RHEMA HARI INI
Lukas 4:18-19 “Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang.”

Dewi sangat menyukai drama korea sedari SMA. Dulu sebelum ada internet, drama korea hanya bisa disaksikan di layar televisi. Namun, kini drama korea dengan mudah bisa di akses langsung pada waktu drama tersebut ditayangkan di negara asalnya. Setiap ada drama baru tayang di Korea, Dewi selalu mengikutinya. Drama-drama terdahulu yang belum pernah ditonton pun akan ditontonnya. Sehingga waktu Dewi banyak dihabiskan untuk melihat drama korea. Bahkan Dewi bisa tidur hanya 2-3 jam sehari demi tidak ketinggalan drama Korea kesukaannya.

Tanpa Dewi sadari, dirinya mulai terikat dengan tayangan itu. Keinginan untuk menonton selalu muncul dalam benaknya. Hingga suatu kali, Dewi diingatkan suaminya untuk tidak terlalu berlebihan dalam menonton drama. Lebih baik waktunya digunakan untuk lebih dekat dengan Tuhan. Dewi pun menyadari betapa banyak waktunya sudah habis untuk menonton drama Korea. Dia minta ampun pada Tuhan dan berkomitmen tidak berlebihan dalam menonton tayangan-tayangan drama tersebut.

Kita pun bisa,mengalami seperti Dewi. Hobi dan kesenangan kita begitu menjadi prioritas dan menyita banyak waktu. Itu adalah tanda kita mulai terikat. Jika demikian, segeralah bertobat meminta ampun kepada Tuhan agar kita dibebaskan dari segala bentuk ikatan. Tahun ini adalah tahun kemuliaan, dan salah satu bentuk wujud nyata kemuliaan Tuhan adalah pasti kita akan mengalami kelepasan dari segala bentuk ikatan. Tidak peduli berapa lama kita sudah terikat oleh dosa, penyakit, hutang, kecanduan dan sebagainya, Tuhan akan menyatakan dan memperlihatkan kemuliaan-Nya. Semua rantai yang selama ini membelenggu, akan terlepas di hadapan sang Raja Kemuliaan. (LEW)

RENUNGAN
Salah satu WUJUD NYATA KEMULIAAN TUHAN atas hidup kita adalah KELEPASAN dari SEGALA BENTUK IKATAN.

APLIKASI
1. Kelepasan dalam hal apa yang ingin Anda dapatkan saat ini?
2. Percayakah Anda bahwa Tuhan Yesus akan melepaskan Anda dari segala bentuk ikatan?
3. Apa yang akan Anda lakukan ketika Tuhan melepaskan kita dari segala ikatan yang selama ini membelenggu?
DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, firman-Mu berkata bahwa ini adalah tahun kemuliaan dan kami percaya. Kami yakin Engkau akan semakin menyatakan kemuliaan-Mu dalam hidup kami dengan melepaskan kami dari segala ikatan-ikatan yang membelenggu kami. Terima kasih Bapa. Di dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.