KELILINGI DIRI KITA DENGAN ORANG-ORANG YANG PUNYA VISI DAN IMAN BESAR

BACAAN HARI INI

Amsal 24:1-34

RHEMA HARI INI

Amsal 24:6 Karena hanya dengan perencanaan engkau dapat berperang, dan kemenangan tergantung pada penasihat yang banyak.

Salah satu pembunuh impian yang terbesar adalah “perkataan”. Kata-kata yang pedas, mengejek dan bernada pesimis, akan dengan cepat mengempeskan sebuah impian. Terlebih jika si pemilik impian adalah seorang yang sangat tergantung pada apa kata orang. Inilah yang terjadi pada Sinta, ia memiliki impian untuk membuat usaha dari pemanfaatan barang bekas. Ketika ia menceritakan rencananya pada teman-temannya, tanggapan mereka bernada pesimis. Wah, sulit untuk mencari konsumennya, terlebih di saat pandemi seperti ini. Dan juga pasti repot untuk mendapat bahan baku yang sesuai. Mengapa tidak mencoba usaha yang biasa-biasa saja?

Beberapa masukan dari teman-temannya ini membuat Sinta berkecil hati dan mulai merasa bahwa idenya memang tidak bagus dan sukar untuk diwujudkan. Ingatlah, visi sebesar apapun bisa kandas di lingkungan pergaulan yang salah. Sadari bahwa setiap orang memiliki cara pandang yang berbeda. Tidak mungkin bagi kita untuk memperoleh suara setuju yang benar-benar bulat. Pasti ada saja yang berpikiran negatif dan melihat kekurangan dari rencana atau impian kita. Itu sebabnya jika kita ingin agar rencana kita berhasil, adalah memiliki orang-orang yang punya visi dan iman yang besar di sekeliling kita.

Mereka tidak akan mentertawakan visi atau impian kita, justru mereka akan mendukung, membantu dan mendoakan kita. Maka pastikan kita bertumbuh di tengah komsel dan gereja yang kuat. Yang selalu bisa mendukung semua rencana besar kita. Orang-orang yang mengerti bahwa Tuhan memang ingin semua anak-anakNya memiliki rencana dan visi yang besar dalam hidup mereka. Penasihat yang BENAR, itulah yang paling kita butuhkan. Dan miliki mereka sebanyak-banyaknya untuk meraih kemenangan (Amsal 24:6) Kitapun jangan sampai menjadi pembunuh visi orang lain dengan perkataan negatif kita. Belajar untuk selalu berpikir dan memperkatakan perkataan yang membangun iman. Dengan kuasa perkataan, terang kemuliaan Tuhan yang semakin besar akan sungguh-sungguh dinyatakan dalam hidup kita. (PF)

RENUNGAN

Kalau kita ingin melakukan PERKARA BESAR, maka KELILINGI diri kita dengan ORANG-ORANG YANG PUNYA VISI DAN IMAN BESAR!

APLIKASI

1. Pernahkah impian atau visi Anda kandas karena perkataan orang lain?
2. Bagaimana Anda menilai lingkungan pergaulan Anda yang sekarang? Adakah orang-orang yang punya visi dan iman besar di dalamnya?
3. Apa dampak yang dibawa orang-orang kuat ini dalam pencapaian impian dan visi Anda?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan Yesus, sungguh benar kata firman-Mu tentang memiliki pergaulan yang benar. Tolong kami Tuhan, untuk kami bisa melihat, pergaulan mana yang bisa menumbuhkan iman kami dengan yang tidak. Kirimkanlah orang-orang yang kuat dalam hidup kami, agar kami makin bertumbuh dalam iman dan semakin mantap mengejar visi yang dari pada-Mu. Terimakasih Tuhan, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!