Keluarga Rohani

Renungan Keluarga Allah
Selasa, 21 Juni 2016

BACAAN HARI INI

Efesus 2 : 11 -22

RHEMA HARI INI

Efesus 2:19 Demikianlah kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah,

Seorang bapak tua renta berjalan tertatih-tatih di sebuah desa hendak meminta makanan ke orang-orang disana. Banyak yang mengacuhkan bapak ini, mereka tidak mau memberi makanan kepadanya. Bapak ini terus berjalan, sampai akhirnya dia tiba di sebuah gubuk reyot. Dengan sedikit keraguan, dia tetap melangkahkan kaki menghampiri gubuk itu.

Dia sedih melihat keadaan rumah yang seperti itu. Tiba-tiba dia dikejutkan oleh suara seorang anak kecil dari dalam gubuk itu, “Bapak hendak mencari siapa?” Bapak ini menjawab bahwa ia hendak meminta makanan. Anak kecil ini menyuruh bapak ini menunggu sebentar dan benar, dia keluar membawa sepotong kecil ubi. “Hanya ini yang saya miliki Pak, semoga bisa sedikit membantu bapak”, kata anak itu.

Singkat cerita, anak ini akhirnya diajak pergi oleh Bapak tua ini ke sebuah rumah besar. Ternyata Bapak itu adalah seorang kaya raya yang hendak mencari orang yang tulus membantunya dan dia akan mewariskan semua kekayaan yang dimilikinya. Bapak ini berkata, “Sekarang kamu adalah bagian keluargaku, semua yang ada di sini akan aku berikan kepadamu mulai sekarang kamu kuangkat menjadi anakku.” Anak ini sangat berterima kasih kepada Bapak itu dan dia berjanji akan berusaha sebaik-baiknya untuk menjadi anak yang membanggakan dan tidak mengecewakan karena sekarang dia adalah anggota keluarga Bapak yang kaya raya ini.

Tuhan Yesus memilih kita berada di antara keluarga kita masing-masing. Namun, sesungguhnya keluarga jasmani tidaklah lebih penting daripada keluarga rohani. Keluarga jasmani sifatnya hanya sementara, suatu saat kita pasti akan berpisah dengan keluarga jasmani kita. Sedangkan keluarga rohani sifatnya lebih kekal, karena kita dipersatukan oleh ikatan Allah, kita tidak bisa dipisahkan dengan keluarga rohani kita.

Oleh karena itu, mari kita lebih mengutamakan keluarga rohani kita daripada keluarga jasmani kita. Doakan keluarga-keluarga jasmani kita yang belum mengenal Tuhan, agar mereka mau menerima Yesus dan menjadi lahir baru. Sehingga mereka tidak hanya menjadi keluarga jasmani kita saja, tetapi keluarga rohani juga yang akan selalu bersama-sama dengan kita sampai kekekalan nanti (LEW).

RENUNGAN

Di dalam Tuhan, kita bukan hanya memiliki keluarga jasmani saja, tetapi juga KELUARGA ROHANI yaitu Keluarga Allah.

APLIKASI

  1. Adakah keluarga jasmani Anda yang belum mengenal Tuhan?
  2. Komitmen apa yang akan Anda ambil untuk menyelamatkan mereka supaya bisa menjadi bagian keluarga rohani kita?
  3. Sudahkah Anda mengutamakan keluarga rohani dibandingkan dengan keluarga jasmani?

DOA UNTUK HARI INI

Terima kasih untuk keluarga rohani yang sudah Tuhan beri dalam kehidupanku. Sungguh, aku bersyukur menjadi bagian dari keluarga Allah, menjadi anak-anak Allah. Terimakasih Tuhan. Dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Kisah 4-6