Kembali Diarahkan Pada Rencana Tuhan

ReMAKA: Renungan Malam Keluarga Allah

BACAAN HARI INI
Mazmur 25:1-22

RHEMA HARI INI
Mazmur 25:14 -TUHAN bergaul karib dengan orang yang takut akan Dia, dan perjanjian-Nya diberitahukan-Nya kepada mereka.

Bunga, gadis SMA yang cantik, energik dan penuh semangat. Seperti namanya, Bunga adalah idola semenjak kecil hingga sekarang. Bagaimana tidak, bukan parasnya saja yang cantik, tetapi sifatnya yang baik dan suka menolong menjadikan Bunga begitu dikenal dan disukai teman-temannya. Selain itu, Bunga juga aktif di kegiatan persekutuan sekolah dan juga di gerejanya. Setiap kesempatan pelayanan yang diberikan kepadanya selalu dijalaninya dengan semangat.

Sekarang Bunga sudah menjadi mahasiswa yang mulai berubah sejak berkenalan dengan seorang pria dan menjalin hubungan dengannya. Bunga sering diajak pergi di hari Sabtu dan Minggu, padahal hari-hari itu adalah hari dimana Bunga harus melayani dan beribadah kepada Tuhan. Teman-teman gereja sudah mengingatkan, tetapi Bunga masih berkeras hati lebih memilih kesenangannya sendiri. Namun, setelah beberapa bulan undur dari pelayanan, Bunga merasa kehidupan rohaninya begitu kering. Kekosongan dirasakan dalam hati dan jiwanya. Dia menangis dan meminta ampun kepada Tuhan karena sudah undur dari panggilannya. Bunga pun mulai menghubungi teman-teman gerejanya dan berjanji akan kembali dalam pelayanan.

Masa muda merupakan sebuah kebanggaan dimana keadaan tubuh masih kuat, energik dan semangat. Kesempatan muda tidak datang dua kali dalam perjalanan hidup kita, jadi jangan sampai kita salah membuat prioritas sedari muda. Namun, jika kita sudah terlanjur melakukan kesalahan dan kita sekarang merasakan kekeringan rohani seperti Bunga, ini saatnya Tuhan mau menjamah hati anak-anak muda yang kering itu. Datang pada Tuhan dan meminta ampunan-Nya. Miliki rasa haus dan kering dalam hidup kita, sehingga Tuhan akan menyegarkan kembali dan membanjiri dengan air surgawi. Inilah waktu kegerakan besar terjadi dimana Tuhan akan melawat anak-anak muda dan mengarahkan kembali kepada rencana Tuhan yang tepat. Jangan biarkan masa muda berlalu begitu saja, percayalah Tuhan akan menghidupkan kembali semangat, gairah masa muda kita untuk melayani-Nya dan menggenapi rancangan-Nya dalam hidup kita. (LEW)

RENUNGAN
Tuhan akan melawat anak-anak muda dan MENGARAHKAN mereka KEMBALI pada rencana Tuhan.

APLIKASI
1. Apakah yang menjadi prioritas hidup Anda ketika muda?
2. Sudahkah arah dan tujuan hidup Anda di masa muda sesuai dengan rencana Tuhan? Jika sudah atau belum, mengapa?
3. Sebutkan komitmen Anda ketika lawatan Tuhan diberikan kepada anak-anak muda

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami bersyukur Engkau memberikan janji-Mu bagi anak-anak muda. Bawa dan arahkan hidup kami kembali bila kami mulai melenceng dari panggilan-Mu. Kami percaya lawatan-Mu akan membawa kami kembali pada rencana-Mu yang tepat. Di dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.”

Pentingnya senantiasa membangun persekutuan dengan Tuhan terus-menerus.

Kita tahu bahwa tanpa hubungan yang intim dengan Roh Kudus sebenarnya kita ini kosong. Itu sebabnya gereja kita sangat mendorong bahkan menyediakan fasilitas supaya jemaat bisa membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan melalui ReKA (Renungan Keluarga Allah) yang dibagikan kepada setiap jemaat setiap pagi.

Tetapi sebenarnya, untuk sebuah pertumbuhan rohani yang sehat, kuat, serta konsisten, kita tidak cukup hanya bersekutu dengan Tuhan 1x di pagi hari saja, melainkan kita harus melakukannya dengan konsisten, setiap saat bersekutu dengan Tuhan.

Secara jasmani saja, kita bisa saja makan 1x dalam 1 hari, tetapi kekuatan tubuh kita tidak akan bisa maksimal jika dibandingkan dengan kalau kita makan 3x sehari. Demikian juga dalam hal minum obat, kebanyakan obat harus diminum 3x sehari supaya tubuh kita yang sakit bisa segera sembuh. Oleh sebab itu bagaimana mungkin kita bisa berpikir bahwa roh kita bisa kuat kalau kita hanya memberi makan roh kita 1x sehari saja? Kita perlu memberi makan manusia roh kita setidaknya 3x sehari, sama seperti kita memberi makan manusia jasmani kita.

Kita bisa melihat Tuhan Yesus, teladan yang sempurna bagi kita semua. Bagaimana IA terus-menerus membangun hubungan yang intim dengan Bapa-Nya. Pagi-pagi benar, ketika hari masih gelap, Tuhan Yesus sudah duduk diam di bawah kaki Tuhan. Siang hari di tengah-tengah kesibukan-Nya melayani orang-orang yang membutuhkan mujizat-Nya, Tuhan Yesus melepaskan diri dari keramaian dan datang kembali kepada Tuhan. Malam hari, ketika kebanyakan orang sudah tidur, Tuhan Yesus menyediakan waktu khusus untuk bersekutu dengan Tuhan.

Begitu juga dengan kehidupan Daud. Dikatakan di dalam Alkitab bahwa 7x dalam sehari Daud memuji-muji Tuhan. Ini artinya Daud memiliki persekutuan yang konsisten dan terus-menerus dengan Tuhan. Demikian juga dengan Daniel. 3x sehari Daniel berlutut, berdoa, serta memuji Allah. Smith Wigglesworth, hamba Tuhan yang dipakai Tuhan membangkitkan banyak orang mati, berkata ia tidak berdoa lebih dari 15 menit, tetapi ia tidak akan melewatkan 15 menit berlalu tanpa berdoa. Tidak heran jika orang-orang besar yang dipakai Tuhan luar biasa itu memiliki kehidupan roh yang kuat, mantap dan penuh kuasa.

Itulah sebabnya mengapa penting sekali bagi kita untuk terus-menerus membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan. Namun, kendala yang terjadi di banyak kehidupan kita sehari-hari adalah seringkali kita lupa bersekutu dengan Tuhan saat kita sudah disibukkan dengan berbagai macam hal yang harus kita kerjakan sepanjang hari itu. Itu sebabnya saat ini ReKA hadir 3x dalam sehari untuk mengingatkan kita supaya senantiasa membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan terus-menerus sepanjang hari. Dengan adanya ReKA setiap pagi, siang, dan malam ini, maka kita akan terus didorong membangun persekutuan yang intim, kuat, dan konsisten dengan Tuhan sehingga manusia roh kita semakin lama akan semakin dibangun dan dikuatkan untuk melakukan hal-hal yang besar bagi kemuliaan Tuhan.