Kemenangan Besar Perlu Kasih Karunia Yang Makin Besar

BACAAN HARI INI
Lukas 2:41-52

RHEMA HARI INI
Lukas 2:52 Dan Yesus makin bertambah besar dan bertambah hikmat-Nya dan besar-Nya, dan makin dikasihi oleh Allah dan manusia.

Gideon nyaris tak percaya ketika malaikat Tuhan tiba-tiba menampakkan diri kepadanya dan berfirman,”Tuhan menyertai engkau, ya pahlawan yang gagah berani.” Gagah berani? Ia yang mengirik gandum dengan sembunyi-sembunyi di tempat pemerasan anggur agar tidak ketahuan orang Midian? Anugerah Tuhanlah yang menjadikan seorang pemuda penakut dari sebuah keluarga yang tidak dikenal dari suku Manasye, menjadi pahlawan penyelamat bangsa Israel dari cengkraman orang Midian (Hakim-hakim 6-8). Demikian juga raja Hizkia, walaupun usianya masih sangat muda, tapi ia berhasil menjadi seorang raja yang menyelamatkan Yehuda dari Asyur yang hendak menghancurkan mereka. Hatinya yang selalu berpaut pada Tuhan seperti Daud, membuat raja Hizkia bertumbuh dalam anugerah Tuhan. Maka Tuhan menyertainya, kemanapun ia pergi berperang, selalu menang dan beruntung (2 Raja-raja 18).

Keberhasilan atau kemenangan dalam hidup kita sangat ditentukan oleh kasih karunia Tuhan atas hidup kita. Jika kita ingin berhasil, lebih diberkati dan dibawa makin maju dalam pekerjaan, pelayanan dan dalam segala aspek kehidupan kita, maka yang kita perlukan adalah Grace. Kasih karunia dan anugerah dari Tuhan. Makin besar kemenangan yang kita harapkan, makin besar pula kasih karunia yang perlu kita terima. Walaupun kita sudah hidup dalam anugerah Tuhan, tapi kita tidak mungkin berharap kemenangan yang lebih besar lagi dari sekarang jika kita tidak bertumbuh dalam kasih karunia dan anugerah Tuhan.

Seperti Yesus dalam ayat rhema kita hari ini, yang makin bertambah besar dan bertambah hikmat dan besar-Nya, Dia pun makin dikasihi oleh Allah dan manusia. Yesus bukan saja bertumbuh besar badannya, tapi juga anugerahnya makin bertumbuh berlipat kali ganda. Makin dikasihi Allah dengan tanda-tanda ajaib dan kuasa yang makin kuat menyertai-Nya. Makin dikasihi manusia karena banyak mujizat yang Dia lakukan. Hikmat-Nya membawa terang dan keselamatan bagi banyak orang. Level kemenangan Yesus makin naik sampai pada puncaknya Dia mengalahkan dunia dan maut. Kita pun perlu bertumbuh bukan jasmani kita saja, tapi terutama bertumbuh dalam anugerah Tuhan. Level penerimaan kasih karunia kita perlu naik agar Tuhan bisa membawa kita terus naik level dalam kemenangan. (DAM)

RENUNGAN
SEMAKIN BESAR KEMENANGAN yang kita harapkan, kita perlu menerima KASIH KARUNIA YANG SEMAKIN BESAR.

APLIKASI
1. Menurut Anda, sudah cukupkah anugerah Tuhan dan keberhasilan dalam hidup Anda saat ini?
2. Masih adakah kemenangan lebih besar yang ingin Anda raih? Apa yang Anda perlukan untuk meraihnya?
3. Bagaimana cara Anda untuk bisa menerima kasih karunia Tuhan lebih besar lagi?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa yang baik, terima kasih atas anugerahMu di sepanjang hidup kami. Terimakasih untuk rhema firmanMu hari ini yang semakin meneguhkan kami. Siapapun kami, ketika kami mau hidup terus bertumbuh dalam anugerah-Mu; dengan selalu mendekat pada Engkau, mau menyediakan hidup untuk Engkau pakai, senantiasa bersyukur, senantiasa rendah hati dan memiliki kasih dan kesetiaan, maka kami yakin Anugerah-Mu yang melimpah akan melingkupi hidup kami. Dalam nama Tuhan Yesus. TERJADI-TERJADI-TERJADI. Amin