KEMENANGAN DAN KEMULIAAN BAGI YANG SIAP DAN MEMBUAT PERENCANAAN

BACAAN HARI INI

Yosua 1:1-18

RHEMA HARI INI

Yosua 1:11 β€œJalanilah seluruh perkemahan dan perintahkanlah kepada bangsa itu, demikian: Sediakanlah bekalmu, sebab dalam tiga hari kamu akan menyeberangi sungai Yordan ini untuk pergi menduduki negeri yang akan diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu untuk diduduki.”

Bagi para wanita, para ibu dan kaum remaja putri, belanja bulanan adalah sebuah kegiatan yang tidak asing. Semua kebutuhan yang hendak dibeli, pasti sudah direncanakan dari rumah. Bahkan ada yang membuat daftar belanja supaya tidak ada yang terlupa. Sebab jika kita hanya mengandalkan ingatan saja, kemungkinan besar ada barang yang tak terbeli dan akhirnya kita harus pergi berbelanja lagi. Selain merepotkan, hal ini tentu juga memboroskan waktu dan tenaga.

Begitupun bagi para orangtua. Bagi mereka yang menganggap masa depan anak-anaknya adalah sangat penting, pasti sejak awal sudah merencanakan dan mempersiapkan segala sesuatunya. Sekolah mana yang harus dituju untuk mencapai apa yang di cita-citakan anaknya pastilah sudah masuk dalam perencanaan. Berbeda dengan yang tidak mempunyai tujuan dan hanya mengalir seturut keadaan. Bisa jadi dengan kondisi pandemi saat ini, anak-anak dimasukkan ke sekolah mana saja, atau bahkan cuti sekolah menunggu keadaan ekonomi membaik.

Begitu pentingnya sebuah perencanaan, sehingga Tuhan pun memberikan penghargaan bagi mereka yang siap dan membuat perencanaan yang matang untuk hidup mereka. Kemenangan dan kemuliaan adalah janji Tuhan bagi mereka yang tidak menyia-nyiakan setiap hari baru yang Tuhan berikan. Ingatlah bahwa suka tidak suka, siap tidak siap, waktu akan terus berjalan. Tanpa ada visi atau perencanaan yang baik, maka kita akan di tinggal oleh waktu. Tahun demi tahun akan berlalu tanpa ada sebuah terobosan besar. Sebaliknya sebuah gol yang jelas, membuat hidup kita terarah. Ada semangat dan kekuatan sebab kita tahu pasti apa yang kita inginkan. Setiap perjuangan kita mempunyai tujuan dan waktu hidup kita tak akan terbuang dengan sia-sia. Mari, sama-sama kita belajar, untuk menentukan apa yang ingin kita capai. Buatlah perencanaan dan susun strategi bagaimana supaya kita bisa sampai kesana. Percayalah, ada perbedaan besar antara yang membuat rencana dengan yang tidak. Dan jangan lupakan yang terutama, untuk selalu bertanya dan sertakan Tuhan dalam setiap apa yang kita kerjakan, maka kemuliaan level berikutnya akan sungguh-sungguh terjadi dalam hidup kita. (PF)

RENUNGAN

KEMENANGAN dan KEMULIAAN akan Tuhan berikan bagi yang SIAP dan membuat PERENCANAAN.

APLIKASI

1. Bagaimana Anda menjalani hidup Anda selama ini? Sudahkah ada perencanaan yang jelas untuk hidup Anda ke depannya?
2. Mengapa kemenangan dan kemuliaan hanya Tuhan berikan bagi mereka yang siap dan membuat perencanaan?
3. Apa perbedaan yang pernah Anda alami, ketika Anda melakukan sesuatu dengan perencanaan dan dengan yang tidak direncanakan?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan Yesus, terimakasih Engkau telah mengingatkan kami akan pentingnya sebuah perencanaan. Tolong kami Tuhan, agar kami bisa melihat visi-Mu atas hidup kami dengan jelas. Dan beri kami kekuatan dan hikmat dalam mengatur strategi agar kami dapat mencapainya. Di dalam nama-Mu Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!