Kemerdekaan Sejati Dari Segala Bentuk Belenggu Hidup

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Nehemia 7-9
Kisah Para Rasul 3

BACAAN HARI INI

Lukas 8:26-39

RHEMA HARI INI

Lukas 8:27 Setelah Yesus naik ke darat, datanglah seorang laki-laki dari kota itu menemui Dia; orang itu dirasuki oleh setan-setan dan sudah lama ia tidak berpakaian dan tidak tinggal dalam rumah, tetapi dalam pekuburan.

Hidup Ferry jauh dari kekurangan. Keuangannya sangat baik sehingga ia bisa mencukupi keluarganya. Namun, ia sangat dekat dengan jerat narkoba. Ketertarikannya terhadap narkotika membuat dirinya menjadi sosok yang egois. Suatu saat, ia tertangkap dan dihukum penjara lima tahun. Dalam kerasnya kehidupan rutan, ia bertemu dengan seorang tahanan yang dihukum selama empat belas tahun. Meski ia mendapatkan masa tahanan yang panjang, ia tampak selalu bergembira. Saat Ferry menanyakan alasannya, orang itu menyodorkan sebuah Alkitab dan menyuruhnya membacanya. Itulah titik awal perubahan hidup Ferry. Ia menjadi semakin dekat dengan firman dan mengenal Tuhan secara pribadi. Meski ia dipenjara, tetapi hatinya terasa bebas. Segala beban, ketakutan, dan kekuatirannya seolah-olah terangkat. Setelah dibebaskan, Ferry pun membawa seluruh keluarganya menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat.

Tidak seperti Ferry, mungkin kita hidup bebas di luar kurungan penjara. Namun, berapa banyak dari kita yang hidupnya seolah-olah terbelenggu? Kita seolah tak bisa terlepas dari berbagai kebiasaan buruk, atau kita hidup dalam dosa dan kecanduan tertentu, bahkan terikat kuasa kegelapan. Kita sadar bahwa cara hidup kita salah, tetapi setiap kali kita ingin memperbaikinya, kita malah terjatuh dan terjatuh lagi.

Kabar baiknya, tidak ada belenggu yang tidak bisa dilepaskan oleh Yesus. Dalam bacaan hari ini, kita menemukan seorang laki-laki yang dirasuki banyak setan yang memanggil diri mereka Legion. Legion adalah sebutan pasukan romawi yang jumlahnya antara 3.000 s/d 6.000 tentara. Tak terbayangkan betapa besar dan kuatnya kuasa gelap yang mengikat pria tersebut, tetapi di hadapan Yesus, mereka bertekuk lutut kalah dan terpaksa melepaskannya. Ya, saat kita mengundang Yesus masuk ke dalam hati kita, Dia akan membawa terang-Nya yang ajaib dan mengusir segala kegelapan hidup kita. Saat itulah kita dimerdekakan dari segala keterikatan. Bahkan Tuhan mengangkat kita menjadi anak-anak-Nya, sehingga kita dapat mengalami kemuliaan pada kemuliaan.

RENUNGAN

Saat kita MENERIMA YESUS, Roh Allah akan MEMERDEKAKAN kita dari segala BELENGGU DOSA dan KUASA KEGELAPAN.

APLIKASI

1. Apakah saat ini Anda masih belum merdeka dari belenggu dosa dan kuasa gelap? Belenggu apakah itu?
2. Jika belum, hal apa yang sekiranya menjadi alasan Anda untuk belum merdeka dari dosa?
3. Apa komitmen Anda untuk bisa merdeka dari dosa?

DOA UNTUK HARI INI

“Ya Tuhan, terima kasih atas segala yang Kau berikan kepada kami hingga saat ini. Ya Bapa, saat ini kami mau menerima Roh-mu yang mampu memerdekakan kami dari segala belenggu dosa dan juga kuasa gelap yang menjerat kami. Kuduskanlah kami dan jauhkanlah kami dari dosa-dosa yang sudah kami perbuat di masa lalu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”