Kemuliaan Tuhan Mendatangkan Damai Sejahtera

BACAAN HARI INI
Yohanes 14:15-31

RHEMA HARI INI
Yohanes 14:27 Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.

Setelah menyelesaikan skripsinya, Angela kini tengah menunggu-nunggu datangnya jadwal sidang akhir. Hari-harinya senantiasa dipenuhi dengan kekuatiran. Ia takut kalau-kalau ia tidak bisa mendapat hasil yang didambakannya, atau bahkan lebih buruknya lagi, bagaimana jika ia tidak lulus sidang. Hampir setiap malam ia susah tidur, ketika raganya beristirahat pun, selalu ada banyak hal yang berkecamuk di dalam pikirannya. Angela pun memutuskan untuk menceritakan hal tersebut kepada kakak rohaninya yang langsung menegurnya dengan sebuah pertanyaan, “Bagaimana hubunganmu dengan Tuhan akhir-akhir ini?” Angela pun terhenyak. Karena memang beberapa bulan terakhir ini ia terlalu disibukkan dengan urusan skripsi sehingga waktu saat teduhnya pun terganggu. Sehingga dalam beberapa waktu terakhir ini, bukan Tuhanlah yang terutama dalam hidupnya, melainkan skripsi dan segala tugas-tugas akhirnya. Angela kini tersadar, ia meminta ampun pada Tuhan dan mulai membenahi lagi kehidupan doanya.

Hidup Angela kini tidak lagi dipenuhi dengan kegelisahan setelah Tuhan kembali menjadi prioritas hidupnya. Singkat cerita, hari sidang yang ditunggu-tunggu pun tiba. Sungguh luar biasa penyertaan Tuhan, karena Angela sama sekali tidak kuatir. Ia memasuki ruang sidang dengan penuh ketenangan. Dan pada akhirnya ia berhasil lulus dengan nilai yang bahkan jauh diatas ekspektasinya.

Ketika ada Allah, Sang Raja Kemuliaan dalam hidup kita, memang tidak serta-merta menjadikan hidup kita bebas dari masalah. Namun, sekalipun ada masalah, kita tetap akan mendapatkan ketenangan karena senantiasa dilingkupi oleh damai sejahtera yang melampaui akal. Sehingga kita boleh menjadi pemenang atas segala masalah yang ada.

RENUNGAN
Saat Raja Kemuliaan MENYATAKAN KEMULIAAN-NYA, hati kita akan DILINGKUPI DAMAI SEJAHTERA yang melampaui segala akal.

APLIKASI
1.    Sudahkah Sang Raja Kemuliaan bersemayam dalam hati Anda?
2.    Menurut Anda, bagaimana caranya agar hidup Anda senantiasa dilingkupi damai sejahtera Ilahi?
3.    Apa perbedaan yang Anda rasakan ketika ada kemuliaan Tuhan dalam hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan, ampuni kami jikalau tanpa kami sadari, kami masih mengandalkan kekuatan kami sendiri. Mulai saat ini, kami mau mengundang Raja Kemuliaan untuk memenuhi hati kami supaya ada damai sejahtera yang melampaui akal senantiasa mengisi relung hati kami. Sehingga melalui hidup kami, kemuliaan-Mu boleh dinyatakan dan terpancar keluar. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”