Kenalilah Setiap Kesempatan Yang Ada

BACAAN HARI INI
Amsal 1:20-33

RHEMA HARI INI
Amsal 1:32 “Sebab orang yang tak berpengalaman akan dibunuh oleh keengganannya, dan orang bebal akan dibinasakan oleh kelalaiannya.”

Dua ekor anjing liar menggoyang-goyangkan ekornya sambil mengaduk-aduk tong sampah yang ada di sebuah taman. Anjing yang satu berwarna coklat dan anjing yang kedua berwarna putih kotor. Kedua anjing ini terlihat kurus seperti anjing yang kurang makan. Namun anjing yang berwarna coklat bisa dikatakan lebih gemuk di bandingkan dengan anjing yang berwarna putih. Tak jauh dari tempat itu, seorang kakek tua memperhatikan tingkah laku kedua anjing tersebut, lalu ia mendekati kedua anjing itu dan memberikan potongan roti kepada mereka.
Si anjing coklat sangat girang dan melahap remahan roti itu dengan semangat, namun berbeda dengan si anjing putih, ia hanya melihat saja remahan roti yang dilempar ke hadapannya tanpa berminat untuk memakannya sedikitpun. Ketika si anjing coklat telah melahap habis rotinya, kakek tua itu kembali melemparkan potongan roti. Lagi-lagi si anjing coklat makan dengan semangat dan si anjing putih ini hanya diam melihat potongan roti yang dilemparkan oleh sang kakek tua. Ketika si anjing coklat sudah merasa kenyang dan duduk disitu, perlahan-lahan si anjing putih baru memakan sisa roti yang ditinggalkan si anjing coklat. Tak banyak yang anjing putih ini makan, hanya bagian roti yang ia anggap enak saja yang dimakannya. Dan setelah anjing putih meninggalkan makanannya, si anjing coklat memakan habis sisa makanan dari si anjing putih. Pantas saja terdapat perbedaan yang cukup mencolok dari segi tubuh di antara kedua anjing ini.
Dalam kisah di atas si anjing coklat bisa memanfaatkan setiap kesempatan sebaik mungkin sehingga tubuhnya bisa lebih gemuk dibandingkan dengan si anjing putih. Kita bisa memilih untuk mengenali setiap kesempatan dan memanfaatkannya sebaik mungkin atau kita hanya melewatkan kesempatan yang ada. Asalkan kita bisa melihat variasi wajah / rupa dari kesempatan yang Tuhan berikan kepada kita, maka mata kita akan terbuka lebar-lebar bahwa hidup kita penuh dengan kesempatan, selalu tersedia setiap hari setiap saat. Dalam hidup, kita diberi banyak pilihan dan kesempatan. Oleh karena itu buka hati dan mata kita untuk melihat dan peka terhadap setiap kesempatan yang ada. Sekecil apapun kesempatan yang datang pada diri Anda, jangan pernah sia-siakan itu, Tuhan memberikan kesempatan karena ia tahu ada rencana indah yang disediakanNya untuk Anda. (ABU)

RENUNGAN
Ada banyak RUPA-RUPA KESEMPATAN. Kalau kita bisa MENGENALI semuanya dan memanfaatkannya sebaik mungkin, maka kita akan mengalami LOMPATAN-LOMPATAN yang luar biasa dalam hidup kita.

APLIKASI
1. Sebenarnya ada banyak kesempatan, tetapi seberapa jelikah anda dalam menemukan atau mengenali setiap kesempatan yang ada ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa terus ajarkan kepada kami untuk jeli dalam mengenali kesempatan yang ada agar setiap kami dapat megalami lompatan-lompatan yang luarbiasa dalam hidup kami.
Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
1 Raja-raja 21-22
1 Korintus 11:17-34