Kenallah Siapa Tuhan-Mu, Maka Imanmu Tetap Teguh!

BACAAN HARI INI
Mazmur 42:1-12

RHEMA HARI INI
Mazmur 42:6 Mengapa engkau tertekan, hai jiwaku, dan gelisah di dalam diriku? Berharaplah kepada Allah! Sebab aku akan bersyukur lagi kepada-Nya, penolongku dan Allahku!

Seorang pemain akrobat udara terkenal, satu kali mengadakan pertunjukan. Ia menyeberangi jeram Niagara di Kanada dengan seutas tali baja dan tongkat penyeimbang badan. Dan pemain akrobat itu berhasil menyelesaikan misinya dengan sempurna. Disisi lain jeram, panitia dan penonton menyambut dengan tepuk tangan dan sorak sorai. Lalu ia menyapa penonton disana dan menanyakan pendapat mereka, bahwa ia akan kembali ke sisi lain jeram itu sambil menggendong seorang sukarelawan. Terdengar jawaban antusias, bahwa mereka percaya ia bisa melakukannya. Lalu ia meminta seorang sukarelawan untuk menyeberangi  jeram bersama dengannya. Serempak penonton terdiam, tidak ada seorangpun yang menjawab ajakan itu.

Pemain akrobat itu tertawa sambil berkata, “Semua orang percaya tetapi tidak seorang pun yang berani ikut saya menyeberang, berarti kalian semua meragukan saya.” Sedetik ia selesai berkata, muncul seorang anak berusia 10 tahun, berkata, “Saya percaya dan mau ikut menyeberang.” Semua orang tertegun, dibutuhkan nyali yang luar biasa untuk ikut menyeberang. Mereka berdua berhasil menyeberang dan disambut dengan sorak sorai luar biasa dari penonton di seberang jeram. Sambutan kepada anak kecil tadi terlihat lebih dominan, bahkan reporter televisi dan wartawan mengerumuninya dan menanyakan kesan-kesannya. Seorang wartawan menanyakan, bagaimana bisa ia berani ikut menyeberang dengan pemain akrobat itu? Anak kecil tadi menjawab, bahwa ia mengenal dia, dan sangat mempercayainya, karena itu ia berani ikut menyeberang. Wartawan itu kembali bertanya, bagaimana kamu bisa mengenal dia? Anak itu menjawab dengan bangga, “Dia adalah ayahku!”

Anak itu berani mempercayakan hidup matinya sebab ia mengenal dengan baik dan percaya penuh pada ayahnya. Sudah pasti mereka mempunyai hubungan yang sangat baik. Demikian juga semestinya kita semua percaya kepada Tuhan dengan sepenuh hati. Jaga terus hubungan kita selalu baik dengan Tuhan, Tuhan tidak pernah membuat jarak dengan kita, artinya kalau sampai hubungan itu mulai ada jarak, pasti ada yang salah dengan kita. Jangan biarkan keraguan ada dalam hati kita, sebab keraguan adalah indikasi ada masalah dalam hubungan kita dengan Tuhan. Keraguan itu yang menghalangi berkat dan mujizat terjadi dalam hidup kita. Keraguan itu yang membuat iman kita mati dan padam. Segera perbaiki hubungan dengan Tuhan, mendekatlah dan kenalilah Tuhan kita lebih lagi. Kalau kita kenal betul siapa Tuhan kita, maka keraguan akan lenyap. Iman kita akan bangkit dan tidak ada batasan mujizat yang bisa kita alami.

RENUNGAN
KERAGUAN adalah INDIKASI hubungan kita dengan Tuhan MULAI ADA JARAK.

APLIKASI
1.    Bagaimana hubungan Anda dengan Tuhan hari-hari ini?
2.    Apakah Anda pernah merasakan ada jarak dalam hubungan Anda dengan Tuhan? Apa penyebabnya?
3.    Apa komitmen Anda untuk menjaga hubungan dengan Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, kasih-Mu, kesetiaan-Mu dan kebaikan-Mu tiada habisnya dalam hidup kami. Engkau tidak pernah lalai menggenapi setiap perkataan-Mu. Kami bangga punya Allah seperti-Mu. Terima kasih Tuhan, bawa kami mengenal-Mu lebih dalam lagi. di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.