Kenegatifan Mencuri Favor Tuhan

Renungan Keluarga Allah
Senin, 16 Januari 2017

BACAAN HARI INI

Kolose 3:5-10

RHEMA HARI INI

Kolose 3:8 Tetapi sekarang, buanglah semuanya ini, yaitu marah, geram, kejahatan, fitnah dan kata-kata kotor yang keluar dari mulutmu.

Suatu hari, seorang guru memberikan tugas supaya murid-muridnya membawa kantong plastik berisi kentang. Pada masing-masing kentang tersebut dituliskan nama orang yang mereka benci, kejadian yang masih membawa kekecewaan dan apa saja yang membuat kuatir. Jadi, semakin banyak nama dan hal yang ditulisi, semakin banyak kentang yang harus dibawa. Keesokannya, ada murid-murid yang membawa lima kentang, delapan, bahkan lebih dari sepuluh. Kemudian sang guru meminta mereka untuk membawa plastik berisi kentang itu ke mana saja mereka pergi, bahkan ke toilet sekalipun, selama seminggu. Hari berganti hari, kentang-kentang tersebut mulai membusuk. Mereka pun mengeluh, apalagi yang membawa lebih dari sepuluh kentang. Selain berat, baunya mengganggu. Mereka jadi tidak bisa berkonsentrasi belajar, tidak nafsu makan dan tidak bisa tidur nyenyak. Saat sang guru berbaik hati membagikan kue coklat, mereka pun tidak bisa menikmatinya.

Setelah satu minggu, para murid segera membuang jauh-jauh kentang busuk itu sambil berteriak kegirangan. Melihat reaksi mereka, guru tersebut pun menjelaskan, “Seperti itulah kebencian, dosa, kekuatiran dan kejadian yang mengecewakan jika kita tidak mau menyelesaikan dan membuangnya. Sadar atau tidak, seluruh tenaga dan perhatian kita akan terkuras pada hal-hal negatif. Sehingga ada banyak berkat yang tidak bisa kita nikmati. Ada banyak tugas dan tanggung jawab yang tidak bisa dikerjakan secara maksimal. Kita akan kehilangan banyak hal indah yang seharusnya bisa kita dapatkan. Hanya seminggu kalian membawa kentang itu. Coba bayangkan jika bertahun-tahun. Ada berapa banyak hal baik, kesempatan baik, berkat yang besar yang akan terlepas dari tangan kalian?”

Itulah gambaran bagi kehidupan Anda jika Anda masih menyimpan kekecewaan, iri hati, trauma masa lalu dan amarah dalam hati Anda. Semakin lama Anda menyimpannya, semua itu akan membusuk dan merampas anugerah yang sudah tersedia bagi Anda. Jika Anda merasa sulit untuk membuang semuanya itu, berdoalah meminta kekuatan daripada-Nya untuk memampukan Anda. Bersiaplah mengalami favor Tuhan yang berlimpah-limpah dalam hidup Anda. Haleluya!

RENUNGAN

Belajarlah MENYEDIAKAN RUANGAN BAGI FAVOR, jangan biarkan kenegatifan MENDOMINASI hati dan pikiran kita

APLIKASI

  1. Apa saja hal-hal negatif yang sampai saat ini masih Anda simpan?
  2. Apa yang selama ini Anda rasakan karena hal-hal negatif itu? Maukah Anda membuang semua itu?
  3. Langkah-langkah apa yang dapat Anda ambil untuk mulai menyelesaikan dan membuang semua hal negatif dari hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan, selidikilah hati kami dan berikan kami kekuatan untuk menyelesaikan dan membuang semua hal-hal yang membuat favor-Mu terhalang dalam hidup kami. Kami memerlukan-Mu, Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

1 Raja-raja 8
2 Tawarikh 5