Kerendahan Hati Adalah Awal Pemulihan

BACAAN HARI INI
Daniel 4:1-37

RHEMA HARI INI
Daniel 4:37 Jadi sekarang aku, Nebukadnezar, memuji, meninggikan dan memuliakan Raja Sorga, yang segala perbuatan-Nya adalah benar dan jalan-jalan-Nya adalah adil, dan yang sanggup merendahkan mereka yang berlaku congkak.
Babel, sebuah kerajaan besar ketika Nebukadnezar memerintah. Alkitab mencatat bahwa Tuhan berkenan menyatakan tanda-tanda dan mujizat-mujizat di sana, itulah yang mendatangkan kemuliaan besar (Daniel 4:2-3). Babel menjadi sebuah kerajaan yang kemasyurannya terdengar sampai ke ujung bumi. Suatu kali, ketika Nebukadnezar sedang melihat-lihat betapa masyur dan hebat kerajaannya, Nebukadnezar berpikir bahwa karena dirinyalah semua kemuliaan itu datang. Inilah awal kejatuhannya. Tuhan tidak berkenan dengan perenungan hatinya sehingga Tuhan mengambil akal budi yang dimilikinya, sampai-sampai ia berlaku seperti binatang dan terhalau dari antara manusia.
Apa yang dialami Nebukadnezar memberikan sebuah pembelajaran bagi kita. Ketika keajaiban dan mujizat Tuhan nyatakan, ketika pencapaian demi pencapaian kita dapatkan, ketika Tuhan bawa kita kepada kemuliaan yang lebih besar dari sebelumnya, kita rentan terkena penyakit hati yang disebut kesombongan. Suatu pikiran yang mengatakan semua adalah karena kehebatan kita, atau ketika kita membanggakan pencapaian yang sudah kita dapatkan. Kita perlu menyadari bahwa Tuhan bisa begitu saja, dengan mudah mengambil kembali apa yang telah diberikan-Nya pada kita. Tapi kabar baiknya, sama seperti yang Tuhan perbuat kepada Nebukadnezar. Ketika ada pertobatan dan perubahan, TUHAN PASTI AKAN MEMULIHKAN. Ketika Nebukadnezar menyadari kesalahannya dan mengakui semua asalnya dari Tuhan, oleh Tuhan dan bagi Tuhan, maka Tuhan pun berkenan memulihkannya, mengembalikan kemuliaannya bahkan lebih dari sebelumnya.
Karena itu, apapun yang sedang kita alami saat ini. Sadarilah bahwa hati adalah pusat kehidupan kita (Amsal 4:23). Tetaplah jaga hati dari segala yang tidak berkenan dihadapan-Nya, termasuk kesombongan. Mari minta Tuhan untuk terus memurnikan hati kita. Milikilah kerendahan hati untuk terus dikoreksi supaya perkenanan-Nya tetap ada dan kemuliaan-Nya semakin nyata dalam hidup kita. Haleluya! (L.A.)

RENUNGAN
Saat kita mau MERENDAHKAN DIRI di hadapan Tuhan, hidup kita akan mengalami PEMULIHAN dan menerima KEMULIAAN LEBIH BESAR.
APLIKASI
1. Pencapaian apa yang sudah Anda dapatkan saat ini?
2. Apa yang Anda lakukan atas pencapaian itu? Dibagian manakah Tuhan bekerja atas pencapaian Anda?
3. Apakah yang Tuhan lakukan saat Anda sungguh-sungguh merendahkan hatimu dan menyatakan bahwa segala pencapainmu itu hanya karena Tuhan saja? Sharingkan!
DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, terimakasih atas kemuliaan yang sudah Kau nyatakan di tengah-tengah kami. Kami merendahkan diri kami dan memberikan segala kemuliaan hanya bagi Engkau. Jangan ijinkan kami mencuri kemuliaan-Mu, supaya apa yang sudah Kau kerjakan tinggal tetap bahkan semakin besar, dan nama-Mu semakin dipermuliakan. Didalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.