KERENDAHAN HATI MEMBUKA PINTU ANUGERAH TUHAN

RHEMA HARI INI

Mazmur 37:11 Tetapi orang-orang yang rendah hati akan mewarisi negeri dan bergembira karena kesejahteraan yang berlimpah-limpah.

Dalam kondisi pandemi seperti saat ini, banyak orang yang berlomba-lomba mendapatkan vaksin. Ribuan kuota vaksin habis hanya dalam waktu beberapa menit saja. Dari berbagai kalangan berjuang untuk bisa mendapatkannya. Namun tidak demikian halnya dengan Pak Karto, seorang tuan tanah di desanya. Ia adalah orang terkaya di daerah sana. Hampir semua
sawah di sekitar tempat tinggalnya, adalah miliknya. Saat pandemi ini banyak pekerja Pak Karto yang sakit, bahkan lebih dari separuh jumlahnya. Pak Lurah dan pihak Puskesmas sudah memberikan penyuluhan kepada para pekerja Pak Karto yang masih sehat. Mereka diminta untuk segera melakukan vaksinasi.

Setelah semuanya sudah menerima vaksin, tiba giliran Pak Karto. Tetapi Pak Karto malah marah dan tidak mau di vaksin karena merasa sehat. Ia makan makanan yang bergizi dan minum jamu secara rutin. Pak Karto bahkan sesumbar bahwa virus itu tidak akan mampu menyerang dirinya. Saat itulah Pak Karto melihat salah seorang pekerjanya sedang video call dengan kerabatnya yang terbaring di Rumah Sakit karena covid 19. Dalam kondisi sesak nafas, pria itu berusaha untuk bicara kepada pekerjanya. Pak Karto tertegun melihatnya. Ia mulai merasa gelisah dan akhirnya bersedia untuk di vaksin. Kesombongan Pak Karto hampir saja menghilangkan kesempatannya untuk bisa terhindar dari penyakit. Namun setelah ia mau belajar merendahkan hatinya, maka kesempatan itu datang kembali kepadanya.

Tanpa sadar, kitapun mungkin memiliki kesombongan dan kepongahan hati. Kita merasa sudah paling benar, lebih pintar dan hebat, sehingga kita menolak nasehat firman Tuhan. Bahkan jika dirasa menyinggung dan tidak sesuai dengan pendapat kita, kita bisa marah-marah dan bersikap menentang.
Selama kepongahan seperti ini masih ada dalam hidup kita, maka sukar bagi kita untuk menerima anugerah yang Tuhan sediakan. Hanya ketika kita belajar untuk menyingkirkan kepongahan dan mengenakan kerendahan hati, maka pintu Anugerah Tuhan yang Ajaib itu akan dibukakan dalam hidup kita.

RENUNGAN

SINGKIRKAN KEPONGAHAN dan KENAKAN KERENDAHAN HATI, maka pintu anugerah Tuhan akan terbuka bagi kita.

APLIKASI

1. Mengapa kepongahan bisa menutup pintu anugerah Tuhan dalam hidup Anda?
2. Cobalah uji hati Anda, kepongahan apa yang masih ada di dalamnya?
3. Apa komitmen Anda untuk mengenakan kerendahan hati sejak dari saat ini?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa yang baik, terimakasih telah membukakan pikiran kami. Tolong kami Bapa, untuk menyingkirkan segala kepongahan dan kesombongan dalam hati kami. Berilah kami hati seorang hamba yang selalu mau taat dan setia kepada-Mu. Biarlah hidup kami tetap dalam kehendak dan rencana-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!