Kerendahan Hati Mendatangkan Anugerah Melimpah

BACAAN HARI INI
Matius 23:1-36

RHEMA HARI INI
Matius 23:12 Dan barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan.

Tinggal di rumah bersama keluarga besar bukanlah perkara yang mudah bagi Putri. Apalagi di rumah tersebut ada adik ipar dan tiga keponakannya yang kurang peduli terhadap kebersihan. Setiap hari Putri harus membersihkan sampah-sampah, piring kotor, dan semua hal di rumah itu. Sebenarnya Roh Kudus sudah berbicara dalam hati Putri, “Untuk hal-hal yang lebih berat dan lebih besar saja kamu mau melakukannya, tetapi mengapa untuk hal kecil seperti itu kamu marah dan bersungut-sungut?” Putri tidak dapat berkata-kata, dalam hati ia mengerti, Tuhan mau ia belajar melayani dan memiliki kerendahan hati lebih lagi.

Sebetulnya, memungut sampah-sampah itu bukanlah perkara yang sulit. Tapi karena egonya, Putri jadi terbawa emos dan mengeluh di hadapan suaminya. Bapak mertua yang tidak sengaja mendengar, akhirnya ikut turun tangan membereskan sampah-sampah. Melihat hal tersebut Putri merasa bersalah dan menyesal. Ia bertekad akan mengusir segala keangkuhan dan egonya dalam melayani keluarga. Putri tidak mau kehilangan anugerah paling berharga dalam hidupnya, yaitu perkenanan Tuhan, gara-gara sifatnya itu.

Jika kita renungkan, bukan kebetulan Tuhan menempatkan orang-orang tertentu ada di sekeliling kita. Tuhan mau kita belajar melayani mereka dalam kasih Kristus, dan melalui pelayanan tersebut kita akan makin belajar tentang kerendahan hati. Tuhan begitu fokus menekankan soal kerendahan hati Karena begitu besar kasih yang mau Dia curahkan atas hidup kita. Semakin rendah hati semakin kencang arus kasih karunia yang bisa Dia curahkan dalam hidup kita. Seperti prinsip air mengalir. Semakin rendah, bahkan ditempat terendah, air akan berkumpul. Jika kita tidak belajar merendahkan diri, tetapi malah merendahkan orang lain, kasih karunia dan pertolongan Tuhan akan menjauhi kita. Sebab, barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan (Matius23:12). Oleh karena itu, milikilah kerendahan hati, supaya anugerah-Nya melimpah bertumbuh dalam hidup kita.

RENUNGAN
Jika kita tidak belajar merendahkan diri, tetapi malah MERENDAHKAN orang lain, KASIH KARUNIA dan PERTOLONGAN Tuhan akan MENJAUHI kita.

APLIKASI
1.    Apa yang harus Anda miliki supaya anugerah melimpah dari Tuhan dapat mengalir deras dalam hidup Anda?
2.    Adakah orang-orang tertentu di sekeliling Anda yang dipakai Tuhan untuk mengajarkan kerendahan hati? Apa komitmen Anda pada mereka?
3.    Perbedaan respon apakah yang Anda dapatkan ketika Anda mau merendahkan diri?

DOA UNTUK HARI INI
Bapaku yang baik, terima kasih atas anugerah melimpah yang telah Kau sediakan bagi kami. Kami berkomitmen untuk belajar lebih lagi soal kerendahan hati. Kami percaya saat kami merendahkan diri, Engkaulah yang akan meninggikan kami. Terima kasih Bapa, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.