Kerja Keras Untuk Menang

ReKA (Renungan Keluarga Allah)
The Year of Victory #4 | Hari #6
Sabtu, 30 Januari 2016

BACAAN HARI INI

Amsal 12: 1-28

RHEMA HARI INI

Amsal 12:24 Tangan orang rajin memegang kekuasaan, tetapi kemalasan mengakibatkan kerja paksa.

Seorang petani sungguh mendapat karunia duniawi. Dia adalah pemilik beberapa kebun anggur yang luas. Dia tidak mempunyai masalah kecuali karena ketiga anaknya tidak suka bekerja. Ia sudah tua, petani itu pun menyadari bahwa pada suatu hari ia akan meninggal dan kebun anggurnya akan diserahkan kepada anak-anaknya. Namun, itu tidak akan berguna kecuali jika anak-anaknya mau bekerja keras untuk mendapatkan hasil. Pada suatu hari petani itu memanggil anak-anaknya untuk diberi pesan, demikian katanya, “Sesudah aku meninggal, segala sesuatu yang kumiliki adalah milikmu. Di dalam kebun anggur itu kamu akan menemukan satu harta berharga. Itu juga milikmu.” Segera sesudah itu, petani itupun meninggal. Setelah berbela sungkawa beberapa lama, anak-anak petani itu memikirkan untuk menemukan harta terpendam di dalam kebun itu. Mereka sepakat jika menemukan harta itu akan membaginya sama rata di antara mereka. Mereka berpikir bahwa harta terpendam itu berupa emas atau perak atau barangkali batu-batu permata yang berharga.

Mereka mulai bekerja dengan semangat baja. Mereka bekerja keras. Namun, betapapun rajinnya mereka menggali di sekitar pokok-pokok anggur tidak satu pun harta ditemukan. Karena kecewa anak-anak itu berhenti menggali. Mereka sependapat bahwa ayah mereka keliru. Namun beberapa saat kemudian pohon-pohon anggur itu berbuah sangat lebat. Semakin lama buah-buah itu semakin besar dan banyak. Akhirnya mereka menyadari bahwa panen yang baik itu adalah hasil dari kerja keras mereka menggali tanah untuk mencari harta. Ketika mereka menjual hasil panen dan mendapat banyak uang, anak-anak itu memahami apa yang dimaksud oleh ayah mereka. Harta itu adalah hasil panen yang baik yang hanya bisa diperoleh dengan kerja keras.

Giatlah dan bekerja keraslah sebab Amsal 19:15 “Kemalasan mendatangkan tidur nyenyak, dan orang yang lamban akan menderita lapar.” Kemenangan tidak akan ada tanpa adanya perjuangan, pertempuran, jerih payah dan kerja keras. Tuhan Yesus perlu kerja keras dan jerih payah yang begitu luar biasanya hingga ia disalib untuk memberi kemenangan bagi setiap kita. Sekarang lihat kita pribadi, sudahkah kita bekerja keras untuk mencapai kemenangan di tahun ini? Ketahuilah bahwa Tuhan menghendaki agar kita berjuang dengan sungguh-sungguh sehingga kita bisa mencapai rencana Tuhan yang sempurna atas hidup kita.

RENUNGAN

Tidak ada KEMENANGAN TANPA KERJA KERAS, itu sebabnya tingkatkan kapasitas kerja Anda sehingga kemenangan akan menjadi nyata dalam hidup Anda.

APLIKASI

Kerja keras seperti apa yang sudah Anda lakukan mulai awal tahun ini?

DOA UNTUK HARI INI

Bapa, sepanjang tahun ini kami mau sepertiMu yang terus berjuang dengan sungguh-sungguh sampai kami menerima kemenangan kami. Terimakasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus Kristus kami berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Amsal 30-31