KESALAHAN DALAM BERPUASA

RHEMA HARI INI

Yesaya 29:13 Dan Tuhan telah berfirman: “Oleh karena bangsa ini datang mendekat dengan mulutnya dan memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya menjauh dari pada-Ku, dan ibadahnya kepada-Ku hanyalah perintah manusia yang dihafalkan,

Setelah memperingati kebangkitan Tuhan Yesus, Vina memutuskan untuk ikut berpuasa sesuai arahan dari gerejanya. Sebenarnya Vina tidak terlalu ingin menjalankan puasa, tetapi karena malu jika ditanya teman-teman dan KKS nya, iapun memilih untuk berpuasa. Karena hanya setengah hati, Vina merasa berat dalam menjalankan puasa. Ia bisa menahan haus dan lapar, namun di rumah Vina masih marah-marah dan mudah emosi. Meskipun Vina sudah memahami bahwa saat berpuasa kita harus sungguh-sungguh mencari wajah Tuhan, tapi ia merasa tubuhnya lemas saat berpuasa. Karenanya ia lebih banyak tidur, berdiam diri dan tidak melakukan aktivitas-aktivitas berat. Alih-alih mendekat pada Tuhan, Vina justru lebih suka menghabiskan waktu sampai berbuka puasa dengan memainkan gawainya.

Tanpa kita sadari, saat berpuasa mungkin kita juga seperti Vina. Kita hanya berusaha menahan rasa haus dan lapar, tetapi tidak berusaha membangun manusia roh kita. Padahal jika saat berpuasa kita lebih banyak bersekutu dengan Tuhan, menjalankan puasa akan terasa ringan. Inilah kesalahan banyak orang saat berpuasa, tubuh mereka berpuasa tetapi roh mereka tidak sungguh-sungguh mencari wajah Tuhan. Banyak orang yang tidak berdoa saat berpuasa, sehingga mereka tidak memperoleh apa-apa (Yakobus 4:2b).

Seharusnya saat kita berpuasa, kita meniadakan atau mengurangi porsi makan dan MENAMBAH porsi doa dan firman kita. Sebab doa puasa adalah satu paket yang akan membuka gerbang dimensi spiritual, dimana koneksi dengan dimensi roh sedang kuat-kuatnya dan sedang kencang-kencangnya. Ini sebuah momentum yang luar biasa untuk kita bisa mendapatkan jawaban doa dan mujizat yang telah sekian lama kita rindukan. Mari kita gunakan momen doa puasa 21 hari ini dengan membangun manusia roh kita menjadi semakin kuat di dalam Tuhan. (LEW)

RENUNGAN

Kesalahan banyak orang saat puasa adalah TUBUH mereka BERPUASA, tetapi ROH mereka TIDAK SUNGGUH-SUNGGUH mencari wajah Tuhan.

APLIKASI

1. Bagaimana cara Anda menjalankan puasa selama ini?
2. Sudahkah Anda sungguh-sungguh mencarai wajah Tuhan saat berpuasa? Jika belum, apa yang biasanya menghalangi Anda melakukannya?
3. Apa yang Anda rasakan ketika Anda sungguh-sungguh mencari Tuhan saat berpuasa?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, mampukanlah kami menjalankan puasa dengan sungguh-sungguh. Bukan hanya menahan kedagingan kami, tetapi biarlah roh kami berfokus mencari wajah-Mu. Kami mau semakin dekat dengan-Mu melalui doa dan puasa. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!