Kesediaan Untuk Dipakai Tuhan Sebagai Perabot Emas-Nya

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Ester 3-5
Kisah Para Rasul 5:22-42

BACAAN HARI INI

Yesaya 60:1-7

RHEMA HARI INI

Yesaya 60:1 Bangkitlah, menjadi teranglah, sebab terangmu datang, dan kemuliaan TUHAN terbit atasmu.

Gideon, seorang yang hidup di masa ketika Tuhan menyerahkan bangsa Israel ke tangan orang Midian karena ketidaksetiaan mereka. Saat itu Israel sampai harus hidup di gua-gua untuk melindungi diri. Tidak heran, Gideon yang lahir dari suku kecil di Israel, yaitu suku Manasye, tumbuh menjadi pemuda yang tidak percaya diri dan penuh dengan ketakutan. Saat itulah, Israel akhirnya berseru kepada Tuhan dan Dia mengindahkan mereka. Lalu Tuhan turun menyatakan janji-Nya untuk meyelamatkan mereka. Namun, tidak ada satu pun dari bangsa Israel yang mau memberikan diri dipakai Tuhan untuk bangkit menyelamatkan bangsanya. Sampai akhirnya Tuhan sendiri yang memilih seorang yang akan dibangkitkan menjadi pahlawan. Dialah Gideoan!

Awalnya Gideon pun menolak karena tidak percaya diri dan terbiasa dengan kondisi yang menekan itu. Namun Tuhan justru mempertegas keputusan-Nya, bahkan Dia membangkitkan Gideon menjadi seorang pahlawan dengan menyebutnya sebagai “Pahlawan yang Gagah Perkasa”, yang ternyata adalah arti dari nama Gideon itu sendiri. Ya, selama ini Gideon tidak menyadari bahwa namanya memiliki arti yang sangat luar biasa. Singkat cerita, ia pun mau dipakai Tuhan. Ia pun bangkit dan Tuhan sungguh-sungguh menyatakan kemuliaan-Nya. Midian dikalahkan. Israel mendapatkan kebebasannya kembali.

Sama seperti yang dialami oleh Gideon saat itu, mungkin saat ini Anda ada di tengah situasi yang sulit dan penuh tekanan. Namun ketahuilah, Tuhan tidak pernah sembarangan menempatkan anak-anak-Nya dalam kondisi tertentu. Tujuan terbesar-Nya adalah DIA RINDU MEMAKAI ANDA MENJADI PERABOT EMAS UNTUK MENYATAKAN KEMULIAAN-NYA MELALUI DIRI ANDA. Inilah saatnya! Hanya masalahnya, maukah Anda memberikan diri dan dipakai-Nya? Lihat, terang Tuhan SUDAH DATANG. Dia sedang terus mencari siapa yang bersedia menjadi agen kemuliaan-Nya. Kemudian lihatlah, bagaimana Tuhan akan bekerja melalui hidup Anda, sehingga banyak orang akan melihat terang itu dinyatakan melalui hidup Anda, jika Anda adalah orangnya yang bersedia dipakai sebagai perabot emas-Nya!

RENUNGAN

Kalau kita mau MENYEDIAKAN DIRI dipakai Tuhan, kita akan menjadi AGEN KEMULIAAN TUHAN.

APLIKASI

1. Bagaimanakah situasi yang sedang terjadi di tengah-tengah lingkungan Anda di mana Anda ditempatkan?
2. Menurut Anda, apakah yang Tuhan rindukan dengan menempatkan Anda di sana?
3. Komitmen apakah yang bisa Anda buat untuk mau dipakai Tuhan sebagai agen kemuliaan-Nya, di mana pun Anda ditempatkan? Tuliskanlah!

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa, terimakasih atas rencana-Mu yang besar atas hidup kami. Kami percaya tidak ada satupun yang kebetulah ketika Engkau menempatkan kami di tempat dimana kami ada saat ini. Kami mau dipakai, jadikan kami alat-Mu ya, Tuhan, supaya kemuliaan-Mu dapat dinyatakan melalui hidup kami dan banyak jiwa diselamatkan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”