Kesempatan Sekecil Apapun Berharga

take-a-chanceRHEMA HARI INI
Amsal 3:35 Orang yang bijak akan mewarisi kehormatan, tetapi orang yang bebal akan menerima cemooh.

“Apakah yang ditanganmu itu?” Tanya Tuhan kepada Musa. Pertanyaan itu kedengarannya bodoh, karena jelas yang ada di tangan Musa adalah sebatang tongkat biasa. Namun segera Musa tahu, bahwa tongkat gembala yang sederhana itu dapat menjadi lambang dari kemahakuasaan ada kekuatan yang mahabesar dari Allah. Kata Tuhan kemudian: “Bawalah tongkat ini di tanganmu yang harus kau pakai untuk membuat tanda-tanda mujizat”. (Keluaran 4 : 2,17)

Seorang janda tua, yang sangat terbatas kemampuan kegiatan hidupnya, sangat rindu melayani Tuhan. Setelah ia berdoa untuk ini, ia mengambil keputusan, bahwa meskipun ia tidak dapat pergi untuk membagi-bagikan traktat atau nersaksi kepada orang-orang, ia dapat bermain piano. Keesokannya muncullah sebuah iklan di surat kabar, “Seorang pemain piano bersedia bermain piano lewat terlepon tiap hari untuk mereka yang sakit atau susah hati – pelayanan ini cuma-cuma”. Lalu ditambahkan nomor teleponnya. Kalau ada orang menelpon dia, segera ia bertanya, “Lagu apa yang ingin anda dengar?” Dalam beberapa bulan saja ia sudah bermain piano untuk ratusan orang yang hidupnya sedang tertekan, dan untuk mereka yang sedang kesepian. Tidak jarang mereka mencurahkan isi hati mereka kepada janda tua itu dan ia selalu dapat menolong dan membangkitkan semangat hidup mereka. Di kemudian hari ia bersaksi: “Pelayanan itu menjadi kegiatan yang paling memberikan pahala bagi sepanjang hidupku”.

Ketika Tuhan bertanya kepada Musa apa yang ada di tangannya, Musa memandangi tongkatnya yang sudah dimakan tahun dan pemakaian itu serta menjawab dengan terheran-heran, “Hanya sebatang tongkat!” Tuhan berkata kepadanya, “Bahwa dia dan pakai dia bagiKu”. Musa melakukannya dan dengan tongkat itu ia membuat mujizat-mujizat yang belum pernah dilihat di Mesir sebelumnya! Orang Kristen, apa yang ada di tangan anda? Hanya tongkat? Tongkat sehari-hari, biasa dalam bentuk dan bahan? Lagipula sudah menunjukkan ketuaannya? Tuhan menanyakannya kepada anda! Yang mau Tuhan pakai ada dalam tangan anda. Tuhan tidak memerintahkan Musa mencari sesuatu yang lain untuk dibawanya. Tuhan juga tidak hendak menyuruh anda membawa sesuatu yang lain kecuali yang sudah dan sedang ada di tangan anda untuk melayani Dia. Bawa itu ke hadapan Tuhan dan pakai dia untuk melayaniNya! Pakai itu untuk mempermuliakan Dia, dan Tuhan akan memakai anda dan tongkat anda itu untuk menjadikan anda besar.

RENUNGAN
Orang yang sukses adalah mereka yang mampu memanfaatkan kesempatan sekecil apapun.

APLIKASI
1. Ketika Tuhan membawa Anda beralih ke musim kehidupan yang berbeda, apakah yang akan Anda lakukan?
2. Komitmen apa yang akan Anda buat dihadapan Tuhan untuk berani masuk dalam musim kehidupan yang baru?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan kami bersyukur Engkau ada di setiap musim kehidupan kami. Ajar kami berani melangkah meninggalkan musim yang sudah berlalu dan berjalan menuju musim yang baru yang Tuhan sudah sediakan bagi kami. Kami percaya di depan sanapun anugerah-Mu sudah Engkau siapkan bagi kami. Terimakasih Tuhan. Amin.