Kesempatan Untuk Memperbesar Kapasitas

BACAAN HARI INI
Roma 4:1-25

RHEMA HARI INI
Roma 4:18 “Sebab sekalipun tidak ada dasar untuk berharap, namun Abraham berharap juga dan percaya, bahwa ia akan menjadi bapa banyak bangsa, menurut yang telah difirmankan: “Demikianlah banyaknya nanti keturunanmu.”

Awal hidup seorang Jack Ma bukanlah awal yang gemilang. Dia tidak dibesarkan dari sebuah keluarga yang kaya raya. Ayah dan ibunya hanyalah rakyat biasa yang bekerja sebagai penari di teater drama musikal yang dilarang selama masa-masa komunis. Bisa dibilang pada waktu itu kesempatannya untuk memperoleh kesuksesan dalam hidupnya tidaklah besar. Namun, kita bisa melihat bahwa kemauannya untuk memperbesar kapasitas dan kejeliannya untuk melihat rupa-rupa kesempatanlah yang membawanya sebagai orang yang sukses dan terkaya di China saat ini. Sewaktu berumur 12 tahun, dia belajar bahasa Inggris dengan cara yang tidak biasa, yaitu bangun jam 5 pagi dan bersepeda ke hotel-hotel besar di Hangzhou untuk bercakap-cakap dengan turis asing untuk melatih bahasa Inggrisnya. Dia juga membeli sebuah radio sehingga dia dapat mendengarkan siaran dalam bahasa Inggris setiap hari. Dia sempat 2x gagal dalam ujian nasional sebelum akhirnya berhasil masuk ke Hangzhou Teacher’s Institute. Dia lulus pada tahun 1988 dan mulai mengirim aplikasi ke sebanyak mungkin pekerjaan yang dia bisa, meskipun ditolak berkali-kali.
Dia sebelumnya tidak mempunyai banyak pengetahuan tentang komputer atau pemrograman, namun teraspirasi dengan internet ketika ia menemukan bahwa tidak ada satupun perusahaan China yang terdaftar di internet. Dia menangkap kesempatan ini dengan mencoba untuk memulai sebuah perusahaan yang bergerak di bidang internet untuk China, yang bernama “China Pages,” meskipun akhirnya usaha itu mengalami kegagalan, namun dia tidak berhenti untuk terus mengembangkan kapasitasnya. Setelah belajar dari kehilangan dan kegagalannya, 4 tahun kemudian dia mengumpulkan 17 teman dan relasinya dan meyakinkan mereka untuk berinvestasi sebesar 60,000 dollar pada visinya untuk sebuah situs lelang online yang dinamakannya “Alibaba.” Di tahun yang sama, pada bulan Oktober 1999, Alibaba.com telah berhasil mengumpulkan 5 juta dollar dari Goldman Sachs dan 20 juta dollar dari Softbank. Kesuksesan Alibaba.com tidak berhenti disini, dengan berhasil melayani 79 juta anggota yang berasal dari lebih dari 240 negara, pada September 2014 baru-baru ini, IPO-nya di Amerika telah mampu mengumpulkan investasi sebesar 20 milyar dollar, dan menjadikan Jack Ma sebagai pemilik 8,9% saham di perusahaan tersebut, sebagai orang terkaya di daratan China.

Mungkin banyak dari kita merasa jalan hidup dan keadaan kita sungguh jauh dari kesempatan yang bagus, bahkan sepertinya tidak ada kesempatan sama sekali, namun seperti apa yang dilakukan oleh Jack Ma, teruslah belajar apa yang bisa engkau pelajari dan terus kembangkan kapasitasmu. Jack Ma terus mengembangkan kapasitasnya dalam bahasa Inggris dan juga dalam mempelajari bisnis internet, sehingga setelah semua kesulitan hidup dan kegagalan-kegagalan yang dialaminya, dia tidak menyerah dan frustasi namun malah terus belajar sehingga akhirnya berhasil menangkap kesempatan yang terbaik yang akhirnya membawanya kepada kesuksesannya seperti saat ini.

RENUNGAN
Ketika kita merasa kehilangan semua kesempatan, pandanglah itu sebagai RUPA KESEMPATAN untuk kita bisa memperbesar kapasitas.

APLIKASI
1. Evaluasi, ketika anda merasa bahwa kesempatan itu benar-benar sudah tidak ada, apa yang biasanya anda pikirkan, sudahkah pikiran anda itu sesuai dengan apa yang Tuhan ajarkan.

DOA UNTUK HARI INI
Terimakasih ya Bapaku yang baik, kami tahu bahwa ketika kesempatan itu tidak ada, itulah kesempatan untuk kami memperbesar kapasitas kami. Kami mau tangkap dan lakukan hal itu.
Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
2 Raja-raja 13-14
1 Korintus 15:1-19