Kesetiaan dalam Perkara Kecil

BACAAN HARI INI

Matius 25: 14 – 30

RHEMA HARI INI

Matius 25:21 Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu.

Nama Li Ka-shing tentunya tidak asing lagi bagi Anda yang menjadi pelaku di dunia bisnis. Ia adalah salah satu orang terkaya di dunia dan merupakan orang terkaya di Asia versi Forbes di tahun 2014. Dalam renungan hari ini, kita tidak akan membahas mengenai kisah sukses Li Ka-shing, melainkan sopir pribadi Li Ka-shing yang selalu mengantar Li Ka-shing kemanapun ia pergi.

Pada saat sopir pribadi Li Ka-shing sudah mencapai masa pensiun, Li Ka-shing hendak memberinya hadiah sebesar dua juta dolar Hong Kong. Jika dirupiahkan, nilai pemberian itu mencapai lebih dari tiga miliar rupiah. Hal yang mengejutkan terjadi; sopir Li Ka-shing menolak pemberian tersebut karena ia sudah memiliki tabungan sebesar sepuluh kali lipat dari yang akan diberikan oleh Li Ka-shing. Darimana sopir ini bisa mendapatkan uang hingga senilai lebih dari dua puluh juta dolar Hong Kong padahal gaji tahunannya hanya beberapa ribu dolar Hong Kong saja? Ternyata, si sopir ini ini selalu memperhatikan apa yang Li Ka-shing bicarakan di kursi belakang mobilnya. Saham apapun yang Li Ka-shing beli, sopir ini pun membelinya sekalipun dengan nilai yang jauh lebih kecil. Ia tahu bahwa keputusan yang diambil oleh tuannya itu adalah keputusan bisnis yang tepat. Keuntungan demi keuntungan pun mengalir dari nilai-nilai yang kecil hingga pada akhirnya terkumpul keuntungan yang nilainya sangat besar.

Seringkali, hal-hal kecil secara tidak terduga justru membawa kita pada hal-hal lain yang lebih besar. Jangan pernah meremehkan bagian-bagian kecil yang Tuhan percayakan dalam hidup Anda sekarang ini karena jika Anda setia mengembangkannya, benih-benih yang kecil itu akan bertumbuh jadi pohon besar yang berbuah lebat pada waktunya. (NJ)

RENUNGAN

Belajarlah setia dalam PERKARA KECIL, maka Tuhan akan memberikan kepercayaan dalam PERKARA YANG BESAR!

APLIKASI

Di tahun 2016 ini, bagaimana Anda akan mengembangkan hal-hal kecil yang saat ini ada di hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan Yesus kami percaya, seperti Firman-Mu telah katakan, saat kami setia dalam perkara kecil, Engkau akan memberikan kami kepercayaan yang lebih besar lagi. Roh Kudus, mampukan kami ya Tuhan untuk mengembangkan setiap hal yang telah Kau percayakan sehingga apapun yang kami usahakan menjadi berhasil dan mempermuliakan nama-Mu. Terimakasih Tuhan. Dalam Nama Tuhan Yesus Kristus, kami berdoa. Amen.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Mazmur 131, 138-139, 143-145