KESOMBONGAN MENYEBABKAN HIDUP KITA TENGGELAM KEMBALI

RHEMA HARI INI

Amsal 16:18 Kecongkakan mendahului kehancuran, dan tinggi hati mendahului kejatuhan.

Hari itu, tanggal 10 April 1912, sebuah kapal mewah meninggalkan Southampton, Inggris dan berlayar ke barat menuju New York. Perusahaan pembuatnya, White Star Line, mempublikasikan besar-besaran pelayaran perdana kapal yang mendapat julukan termegah dan termewah itu. Bahkan julukan lain juga diberikan oleh perusahaan pembuatnya sebagai kapal yang tak pernah bisa tenggelam (The Unsinkable). Tentu saja, promosi besarnya sukses menarik kalangan bangsawan dan industrialis untuk membeli tiket naik kapal terbesar dengan fasilitas kabin super itu.

Pada hari ke-4 pelayaran perdananya, kru kapal menerima peringatan tentang adanya gunungan es melalui telegraf nirkabel. Tetapi Kapten Edward Smith tidak meminta krunya untuk memperlambat laju kapal atau mengubah haluan. Hingga akhirnya kapal pesiar terbesar itu menabrak gunung es di Samudera Atlantik. Senin, 15 April 1912, pukul 02.18 dini hari menjadi akhir perjalanan salah satu mahakarya dunia, RMS Titanic. Kapal yang sempat dicap sebagai kapal ‘sombong’ karena pembuatnya yaitu Thomas Andrews mengklaim, “Kapal ini tak akan bisa tenggelam! Bahkan Tuhan pun tak bisa menenggelamkannya,”akhirnya terbelah menjadi dua dan tenggelam. Dari 2.216 penumpang, hanya 710 yang selamat dan sisanya sebanyak 1.517 orang tewas di Samudera Atlantik.

Dalam kehidupan ini pun, jika tidak hati-hati, dosa kesombongan sudah mengintip di depan kita. Sikap hati akan keberhasilan yang telah kita capai jika tidak kita jaga dengan baik, akan membuat kita tinggi hati. Kita menjadi sombong dan merasa diri hebat sehingga tidak memerlukan Tuhan. Ya, hari-hari ini, kesombongan menjadi salah satu penyebab banyak orang yang hidupnya berakhir dengan tenggelam kembali. Oleh karena itu, jika tidak ingin tenggelam kembali buanglah segala bentuk kesombongan dalam hidup kita. Teruslah belajar selalu konsisten rendah hati, setia dan taat. Layangkanlah mata kita sehingga kita bisa melihat sang Pemberi Berkat dan Sumber Kekuatan yang sesungguhnya. Saat kita merendahkan diri di hadapan Tuhan, maka Dia sendiri yang akan membuat kita terus naik dan tidak bisa ditenggelamkan. (LEW)

RENUNGAN

KESOMBONGAN adalah salah satu PENYEBAB banyak orang yang hidupnya berakhir dengan TENGGELAM KEMBALI.

APLIKASI

1. Apakah Anda pernah memiliki pengalaman sombong yang pada akhirnya membuat Anda tenggelam kembali? Dalam hal apakah itu?
2. Bagaimana sikap hati Anda terhadap Tuhan ketika rasa sombong itu ada di hati Anda?
3. Mengapa kesombongan bisa membuat Anda tenggelam kembali dan bagaimana cara Anda menjaga hati supaya tidak ada kesombongan di dalamnya?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa yang baik, ajarilah kami selalu memiliki kerendahan hati dalam hidup kami. Jauhkanlah segala bentuk kesombongan dari dalam hati dan pikiran kami. Kami percaya, Engkau yang akan memampukan kami sehingga kami tidak akan tenggelam kembali. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!