Ketaatan Membawa Berkat Kesehatan

Renungan Keluarga Allah
Selasa, 14 Maret 2017

BACAAN HARI INI

Amsal 4:10-27

RHEMA HARI INI

Amsal 4:20-22 Hai anakku, perhatikanlah perkataanku, arahkanlah telingamu kepada ucapanku; janganlah semuanya itu menjauh dari matamu, simpanlah itu di lubuk hatimu. Karena itulah yang menjadi kehidupan bagi mereka yang mendapatkannya dan kesembuhan bagi seluruh tubuh mereka.

Di zaman ini, kita hidup dengan pilihan makanan dan minuman yang begitu berlimpah di sekeliling kita. Para pelaku industri sengaja mendesain segala sesuatu sedemikian rupa sehingga tampak menarik dan rasanya pun enak. Belum lagi segala jenis promosi dan postingan di media sosial yang membuat kita merasa seakan tertinggal jika belum mencobanya. Namun, setiap kali kita mengonsumsinya, apakah kita menyadari bahwa kita sedang menimbun zat-zat yang merusak tubuh, yang merupakan bait Roh Kudus?

Sebenarnya, dalam zaman Alkitab pun, ada seseorang yang berhadapan dengan pilihan untuk mengikuti gaya hidup yang mengonsumsi makanan yang tidak sesuai dengan ketetapan Allah. Ia adalah Daniel. Pada saat itu, ia baru saja menjadi tahanan perang di Babel. Sebagai kaum bangsawan, raja hendak mempekerjakannya di istana dan memberinya menu makanan raja yang menggiurkan. Namun, tanpa mempertimbangkan hukuman yang dapat ia terima, ia menolak dan tetap bertahan untuk mengikuti apa kata Tuhan. Ia meminta kepada pemimpin pegawai istana untuk memberinya dan juga ketiga temannya sayur-sayuran saja. Setelah lewat sepuluh hari, mereka malah terlihat lebih sehat dari yang lainnya. Bahkan Tuhan memberi mereka hikmat sehingga raja menemukan mereka sepuluh kali lebih cerdas dari semua orang di kerajaannya.

Jika saja kita mau mengikuti petunjuk firman Tuhan dalam memilih makanan kita, kita bukan hanya akan terhindar dari sakit-penyakit dan memiliki tubuh yang sehat, tetapi kecerdasan kita juga lebih cemerlang. Sebab apa yang terserap ke dalam darah kita dan yang terbawa ke setiap bagian tubuh kita dan juga otak kita adalah gizi yang kita butuhkan, bukannya zat-zat yang merusak jaringan tubuh. Sadarilah, segala ketetapan yang Tuhan berikan adalah demi kebaikan kita. Sebesar itulah kasih-Nya bagi kita. Sebagai balasannya, hendaknya kita pun memperlihatkan tanggung jawab dengan mengendalikan keinginan dan menjaga kesehatan kita. (MV.L)

RENUNGAN

Sakit-penyakit TIDAK AKAN MENIMPA TUBUH kita kalau kita sungguh-sungguh MENGIKUTI SEGALA KETETAPAN TUHAN tentang makanan

APLIKASI

  1. Menurut Anda, mengapa Tuhan memberikan ketetapan tentang makanan?
  2. Perlukah Anda mengikuti segala ketetapan itu? Mengapa?
  3. Apa saja yang dapat Anda lakukan untuk mengikuti ketetapan Tuhan tentang makanan?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa, kami menyadari bahwa ketetapanmu adalah baik bagi kami. Pimpin kami, ya, Roh Kudus, agar kami dapat mengendalikan diri kami dan bijak memilih apa yang kami konsumsi. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Yeremia 7-9