25 November 2015: Ketenangan Jiwa

BACAAN HARI INI

Mazmur 131:1-3

RHEMA HARI INI

Mazmur 131:1 TUHAN, aku tidak tinggi hati, dan tidak memandang dengan sombong; aku tidak mengejar hal-hal yang terlalu besar atau hal-hal yang terlalu ajaib bagiku. 2 Sesungguhnya, aku telah menenangkan dan mendiamkan jiwaku; seperti anak yang disapih berbaring dekat ibunya, ya, seperti anak yang disapih jiwaku dalam diriku.

Oliver Cromwel menugaskan sekretarisnya untuk menunaikan tugas pekerjaan yang sangat penting di luar negeri. Dalam perjalanan tugasnya itu, sang sekretaris hampir setiap malam tidak bisa tidur, sementara asisten yang mendampinginya bisa tidur nyenyak tanpa suara. Suatu malam sekretaris ini membangunkan asistennya lalu berkata, “Aku tidak bisa tidur, aku kuatir aku tidak bisa mengerjakan dengan baik tugas yang diberikan oleh bos.” Lalu asistennya berkata, “Bolehkan aku mengajukan dua pertanyaan kepadamu?” Sang sekretaris menjawab, “Ya, tentu.” “Sebelum kita lahir, apakah TUHAN mengatur dunia ini?” Sang sekretaris menjawab, “Ya, tentu saja.” Pertanyaan kedua, “Setelah kita meninggal, apakah TUHAN masih mengatur dunia ini?” “Ya, tentu saja,” jawab sang sekretaris. Asisten berkata, “Kalau begitu, mengapa engkau tidak membiarkan saja TUHAN mengatur semuanya? Mengapa engkau begitu kuatir memikirkan sendiri pekerjaanmu?” Mendengar jawaban sang asisten, sekretaris itu tersenyum dan mengangguk. Malam itu, ia menyerahkan semua pekerjaan dan usaha yang sudah dilakukannya di tangan TUHAN untuk diatur oleh TUHAN dan setelah itu ia bisa tidur dengan nyenyak.

Rahasia ketenangan dalam jiwa adalah sementara menunggu perjuangan kita membuahkan hasil, kita menenangkan diri kita di dalam Tuhan dan mencukupkan diri dengan apa yang ada pada kita. Kekuatiran kita tidak menambahkan atau mengubah apapun dalam hidup kita. Sadarilah bahwa seluruh hidup kita ada di dalam kendali tangan Tuhan. Dan kita bersyukur karena Tuhan yang kita kenal adalah Tuhan yang sangat mengasihi kita dan memiliki kuasa yang tak terbatas.

Jadi, apa perlunya kita kuatir hari ini? Tidak ada gunanya kita cemas dan gelisah. Justru kecemasan dan kegelisahan kita bisa menimbulkan dampak yang buruk bagi hidup kita bahkan orang-orang di sekeliling kita. Hari ini, mintalah angin Roh Kudus berhembus dalam hidup Anda. Angin Roh Kudus yang akan memberikan ketenangan dalam jiwa Anda, sehingga Anda bisa memiliki hidup yang penuh dengan damai sejahtera Allah.

RENUNGAN

Rahasia KETENANGAN DALAM JIWA adalah sementara menunggu perjuangan kita membuahkan keberhasilan, cukupkan diri dengan apa yang ada!

APLIKASI

Tuliskan hal-hal yang membuat Anda kuatir, lalu bawalah itu di hadapan Tuhan yang sanggup memelihara dan menolong hidup Anda.

DOA UNTUK HARI INI

Hati kami tenang di dalam Engkau ya Tuhan. Hati kami aman di dalam naungan kepak sayap-MU. Kami percaya Engkau sepenuhnya memegang kendali atas hidup kami. Tuntunan-MU atas hidup kami pasti akan membawa kami ke dalam hidup yang berkelimpahan dan penuh kemenangan. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Mazmur 56,120, 140-142