KETIDAKSUNGGUHAN AKAN MENGHALANGI KUASA ALLAH BEKERJA

RHEMA HARI INI

Yakobus 4:3 Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa-apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu.

Hal berpuasa seringkali lebih mudah di ucapkan daripada dilakukan. Banyak orang berkata bahwa ia berpuasa, tetapi tidak banyak yang melakukannya dengan benar. Seperti halnya Tasya yang dengan semangat berkata pada Dina teman sekerjanya, bahwa ia akan ikut gerakan doa puasa sampai akhir. Tetapi pada jam 1 siang, Tasya ikut makan bersama teman-temannya. Saat Dina menanyakan hal ini, Tasya berkata bahwa puasa Kristen tidak harus sampai jam 6 sore seperti puasa pada umumnya. Semua tergantung pada komitmen kita pada Tuhan dan semampu kita untuk melakukannya.
Apa yang dikatakan Tasya memang tak sepenuhnya salah, memang tidak ada ketentuan yang mengharuskan mulai dari jam berapa sampai jam berapa dalam puasa kita. Akan tetapi, hal ini membuat kebanyakan kita tidak berusaha secara maksimal sampai batas kemampuan kita yang sebenarnya. Doa puasa bukanlah sekedar menahan haus dan lapar, tetapi esensi yang sebenarnya adalah mengalahkan keinginan daging kita dengan mengarahkan fokus kita kepada Tuhan. Ada banyak orang yang tubuhnya memang berpuasa, tetapi hatinya tidak sepenuhnya tertuju kepada Tuhan. Ada juga yang berpuasa tetapi dengan bimbang dan setengah hati, hanya sekedar coba-coba atau ikut-ikutan karena kuatir dikatakan tidak rohani.
Ketidaksungguhan dalam doa puasa seperti ini akan menghalangi kuasa Allah bekerja dalam hidup kita. Kita hanya akan mendapatkan sakit perut karena menahan lapar tetapi tidak melihat kemuliaan Tuhan dinyatakan. Pada akhirnya kita akan menjadi kecewa dan menganggap bahwa doa puasa adalah hal yang sia-sia dan tidak berkuasa. Sebaliknya jika kita melihat doa puasa sebagai sebuah momentum yang luar biasa untuk mencari wajah dan perkenanan Tuhan, maka kita akan melakukannya dengan kesungguhan hati. Dengan demikian maka tidak bisa tidak, kuasa Allah akan turun dalam hidup kita. Sebab apa yang menjadi kerinduan dan kita doakan selagi kita berpuasa, akan seperti dupa yang wangi, yang naik ke tempat yang tinggi. Membuat hati Tuhan di sukakan dan membuahkan jawaban doa serta mujizat yang belum pernah kita alami sebelumnya.

RENUNGAN

KETIDAKSUNGGUHAN dalam doa puasa akan MENGHALANGI kuasa Allah bekerja dalam hidup kita.

APLIKASI

1. Bagaimana Anda menilai doa puasa Anda selama ini? Sudahkah Anda melakukakannya dengan kesungguhan hati?
2. Menurut Anda, seperti apa kesungguhan dalam doa puasa itu dinyatakan?
3. Setujukah Anda bahwa ketidaksungguhan dalam doa puasa akan menghalangi kuasa Allah bekerja dalam hidup Anda? Mengapa demikian?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, terimakasih atas pengajaran-Mu pada hari ini. Kami meminta ampun jika selama ini kami belum bersungguh-sungguh dalam doa puasa. Berilah kami kekuatan, agar kami bisa menjalankannya sesuai dengan kehendak-Mu. Terimakasih Tuhan, di dalam nama-Mu Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!