Ketika Penerang Abadi Datang, Kegelapan Pasti Berlalu

BACAAN HARI INI
Mazmur 112:1-10

RHEMA HARI INI
Mazmur 112:4 Di dalam gelap terbit terang bagi orang benar; pengasih dan penyayang orang yang adil.

Sungguh luar biasa kita memasuki tahun 2020 dengan sebuah janji kemenangan bahwa Tuhan sendiri yang akan menjadi Penerang Abadi bagi kita, akan ada matahari yang tidak pernah tenggelam dan bulan yang tidak pernah surut (Yesaya 60:19-20). Artinya, keadaan kita tidak akan lagi ditentukan oleh situasi yang terjadi di luar sana, tetapi benar-benar Tuhan sendiri yang akan menjadi sumber penerang dalam segala keadaan. Karena itu kita harus percaya dan mengimani bahwa segelap apapun keadaan di sekeliling kita saat ini, tahun ini adalah waktunya bagi terang Tuhan datang dan memberikan kita kemenangan.

Seperti yang dialami Yusuf, belasan tahun ia mengalami jatuh bangun. Awalnya kelihatan diangkat, tapi kemudian dijatuhkan lagi. Hidupnya seakan terus mengalami kesialan. Tapi Yusuf tetap setia dalam pembentukan Tuhan, ia terus berpegang dan percaya pada janji-Nya. Ia jaga hidupnya tetap melekat dan mengandalkan Tuhan. Dan ketika waktu Tuhan tiba, Tuhan menyatakan diri-Nya sebagai penerang abadi bagi Yusuf. Kondisi Yusuf diubah from zero to hero, dari bukan siapa-siapa menjadi seorang yang luar biasa. Keadaannya tidak lagi ditentukan oleh situasi yang terjadi. Saat musim kemakmuran, Yusuf mengalami kemakmuran. Saat musim kelaparan datang, Yusuf tetap mengalami kemakmuran. Yang lain boleh gagal panen, tapi Yusuf tetap dalam kelimpahan, karena Tuhan adalah penerang abadi bagi Yusuf.

Hal yang sama terjadi pada Gereja Keluarga Allah yang ada di Yogyakarta. Bertahun-tahun sempat mengalami kemacetan, tapi Tuhan terus membangkitkan dan mengirimkan pelayan yang sungguh-sungguh mau komitmen. Juga pemimpin yang tidak mau menyerah untuk tetap pegang janji Tuhan dan tetap mengandalkan-Nya. Dan ketika kairos tiba, lihatlah bagaimana Tuhan bekerja dan menyatakan kemuliaan-Nya di tengah-tengah Gereja Keluarga Allah, khususnya di Yogyakarta. Apa yang dialami Yusuf dan yang terjadi di tengah-tengah gereja kita saat ini juga akan kita alami. Apapun kondisi kita saat ini, percayalah bahwa rhema yang Tuhan berikan adalah firman yang hidup dan DIA SEDANG MENGGENAPINYA. Mari terus berjuang, terus maju, terus jaga hidup kita tetap benar di hadapan Tuhan dan lihatlah bagaimana Penerang Abadi itu akan menyatakan diri-Nya dan memberi kita kemenangan yang gilang-gemilang. Haleluya!

RENUNGAN
Ketika Tuhan menjadi PENERANG ABADI bagi kita, semua KEGELAPAN dalam hidup kita akan LENYAP dan BERLALU.

APLIKASI
1.    Masa suram apakah yang sedang Anda alami hari-hari ini? Apakah hal itu menggoyahkan iman Anda?
2.    Sejauh mana Anda percaya dan pegang janji Tuhan bahwa Dia akan menjadi penerang abadi bagi kehidupan Anda?
3.    Komitmen apa yang akan atau sudah Anda lakukan supaya firman rhema ini benar-benar terjadi dalam hidup Anda?
DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, terimakasih atas janji-Mu yang begitu dahsyat atas kami. Terimakasih karena Engkau hadir sebagai Penerang Abadi bagi hidup kami di tengah-tengah situasi yang tidak menentu di sekitar kami. Kami percaya kegelapan akan hilang dan berlalu, karena kami sudah melihat terang itu datang. Didalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa, Amin