Kobarkan Apimu!

fire2RHEMA HARI INI
1 Tesalonika 5:19 Janganlah padamkan Roh

Kalau kita ingin menjadi orang Kristen yang radikal, tidak ada yang lebih penting daripada roh yang menyala-nyala. Tanpa roh yang menyala-nyala, kekristenan kita akan datar-datar saja. Kekristenan yang hanya sekedar… Sekedar pelengkap identitas. Sekedar pelengkap hidup, agar tidak dicap ateis. Sekedar pelengkap norma kehidupan, agar menjadi orang bermoral. Tak heran kalau kekristenan kita menjadi ala kadarnya. Namun bila kita ingin menjadi lebih daripada sekedar orang Kristen biasa, pastikan kita memiliki roh yang menyala- nyala.

Roh yang menyala-nyala membuat iman Nuh tak surut meski harus mengerjakan bahtera raksasa selama 120 tahun! Bahkan meski Nuh ditertawakan dan dianggap gila oleh karena proyek yang sedang dikerjakannya itu. Roh yang menyala-nyala membuat Yosua terus maju, tembok Yerikho yang sangat tebal itu tak dapat menghambatnya. Roh yang menyala-nyala membuat Daud maju perang, raksasa Goliat juga tak dapat menghentikannya. Roh yang menyala-nyala membuat nabi Yeremia terus berbicara lantang membongkar dosa Israel. Meski tak ada satupun yang bertobat, Yeremia tetap konsisten menjadi penyambung lidah Allah. Roh yang menyala-nyala membuat rasul Paulus mengabarkan Injil dengan berani, meski harus mengorbankan nyawa sekalipun! Ada sebuah api yang berkobar-kobar di dalam hati mereka. Api yang tidak bisa dipadamkan dengan apapun juga. Api yang tidak bisa dipadamkan oleh ejekan dan cibiran sinis. Api yang tidak bisa dipadamkan dengan tantangan besar. Api yang tidak bisa dipadamkan dengan ancaman dan intimidasi. Api yang tidak bisa dipadamkan dengan masalah, kelaparan, ketelanjangan, ancaman, aniaya bahkan apapun juga.

Berbicara tentang roh yang menyala-nyala, adakah api yang juga berkobar dalam hidup kita? Ataukah sebaliknya tidak ada lagi kobaran api, kalaupun masih ada, itu hanya api yang surut dan hampir padam. Tanpa memiliki roh yang menyala- nyala, bisa dipastikan kekristenan kita akan berhenti di tengah jalan saat masalah dan tantangan menghadang langkah kita. Kalau benar demikian, ijinkan renungan pada hari ini membakar kembali roh kita. Nyalakan kembali api dalam diri kita. Kobarkanlah hingga menyala lebih besar lagi.

RENUNGAN
KOBARKAN KEMBALI APIMU! Jangan biarkan padam. Sebab GELOMBANG BARU hanya akan datang kepada mereka yang mengobarkan API YANG BARU!

APLIKASI
1. Dalam keadaan bagaimana roh Anda saat ini? Suam, datar, tenang-tenang, atau terbakar dengan api yang berkobar-kobar?

2. Komitmen apa yang akan Anda buat untuk mengobarkan api Roh Kudus dalam diri Anda?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan, kami mau terus mengobarkan api Roh Kudus dalam hidup kami. Kami mohon Engkau Sang Pembakar Api mengimpartasikan dalam hidup kami sehingga kami menyala-nyala didalam Engkau dan hidup kami bisa menjadi berkat bagi kemuliaan-MU. Amin.