Komit Mengikuti Rencana Tuhan

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

1 Raja-Raja 10-11
Lukas 21:20-38

BACAAN HARI INI

Mazmur 37:1-40

RHEMA HARI INI

Mazmur 37:5 Serahkanlah hidupmu kepada TUHAN dan percayalah kepada-Nya, dan Ia akan bertindak;

Setiap diajak ke Pondok Daud atau kelompok sel, Pak Antok selalu saja berkelit. Ia beralasan tidak punya waktu, sibuk urus pekerjaan, dan lain-lain. Yang terjadi, kehidupan rumah tangganya bukan semakin diberkati, malah semakin kacau dan ia pun terlilit hutang. Semakin keras ia berjuang, bukannya semakin baik dan diberkati, Pak Antok justru merasa semakin berat menjalani hidupnya. Sampai akhirnya ia jatuh sakit, yang membuat ia tidak bisa bekerja untuk beberapa waktu. Ia pun mulai merasa bahwa ia membutuhkan Tuhan. Ia akhirnya menyerahkan hidupnya pada Tuhan dan mau datang ke Pondok Daud. Sejak saat itulah, hatinya mulai diubahkan. Ia mulai menyadari, mengejar ambisi pribadi bukanlah kunci utama kebahagiaan, tetapi ketaatan. Ketaatan untuk mengikuti rencana Tuhan, di situlah letak kebahagiaan sejati. Ada ketenteraman, kasih, dan pemeliharaan Tuhan yang ajaib semenjak ia ikut Tuhan dengan sungguh-sungguh. Tidak lama kemudian Tuhan bahkan mulai percayakan kelompok sel dan terus mengirimkan jiwa-jiwa yang butuh pertolongan kepadanya. Tidak hanya secara rohani, kehidupan jasmaninya pun mulai didandani Tuhan.

Carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenaran-Nya, maka semua akan ditambahkan (Mat. 6:33). Apakah tambahannya itu? Tentu saja kasih, sukacita, damai sejahtera, serta dukungan-dukungan ilahi berupa berkat-berkat rohani dan berkat-berkat jasmani. Kalau kita sungguh-sungguh komit mencari dahulu Kerajaan-Nya dan mengikuti segala rencana-Nya, kita akan melihat dukungan ilahi dan anugerah-Nya yang melimpah atas hidup kita.

Oleh sebab itu, mari kita mulai ambil keputusan untuk ikut rencana Tuhan. Mari melangkah untuk melayani Tuhan. Taati rhema yang Tuhan berikan: ampuni orang yang bersalah kepada kita, kembalikan persepuluhan, bangun Pondok Daud dan kelompok sel. Jadilah saksi Kristus. Selamatkanlah jiwa-jiwa. Percayalah, perlindungan, penyertaan, pemeliharaan, dan promosi Tuhan akan nyata atas hidup kita, bahkan Tuhan akan membuat kita jadi kuat, untuk jadi berkat bagi yang lemah.

RENUNGAN

Kalau kita sungguh-sungguh KOMIT MENGIKUTI rencana Tuhan, kita akan MELIHAT DUKUNGAN ILAHI dan ANUGERAH-NYA YANG MELIMPAH.

APLIKASI

1. Apa yang akan terjadi dengan hidup Anda, jika anda sungguh-sungguh komit mengikuti rencana Tuhan?
2. Sudahkan Anda mengambil komitmen untuk mengikuti rencana Tuhan? Jika sudah, apa perubahan yang boleh Anda rasakan setelah komit mengikuti rencana Tuhan?
3. Apa saja rencana Tuhan yang Tuhan mau kita kerjakan di hari-hari yang penuh dengan lawatan ini, dan dukungan ilahi seperti apa yang boleh Anda dapatkan saat mengikuti rencana Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa, terima kasih atas rencana ajaib yang Engkau berikan bagi kami. Mulai hari ini kami mau sungguh-sungguh komit mengikuti rencana-Mu. Kami percaya ketika kami mau belajar untuk taat, kami akan melihat dukungan ilahi dan anugrah-Mu yang melimpah terjadi atas hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”