Komunitas Menentukan Kualitas

Renungan Keluarga Allah
Sabtu, 28 Mei 2016

BACAAN HARI INI

1 Korintus 15:12-34

RHEMA HARI INI

1 Korintus 15:33 Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik.

Siapa yang tidak mengenal Raja Salomo. Raja Israel yang sangat masyur, penuh hikmat Tuhan, kaya dan ternama. Bahkan firman Tuhan mencatat tidak ada raja lain yg kemasyurannya melebihi Salomo. Dimasa mudanya ia sangat mengasihi Tuhan. Ia jugalah yang menulis Kitab Pengkotbah, Amsal dan Kidung Agung sehingga tidak diragukan lagi bahwa hidupnya penuh dengan pengurapan Allah. Hikmat Tuhan yang ada padanya tersiar sampai keseluruh negri. Namun sayang, dimasa tuanya Salomo tidak mengakhiri hidupnya dengan baik. Salomo jatuh menjauh daripada Tuhan!

Awal mula hal itu terjadi adalah ketika Salomo mengambil banyak istri dan gundik. Istri-istri dan para gundik Raja Salomo adalah penyembah berhala dan dewa baal orang Kanaan. Hal itulah yang kemudian secara perlahan mulai mencondongkan hati Salomo kepada berhala-berhala milik istri dan para gundiknya. Salomo BERGAUL DENGAN PENYEMBAH BERHALA, sehingga hati yang awalnya begitu mengasihi Tuhan, mulai berubah. Bahkan hatinya menyimpang daripada Tuhan bahkan mengakibatkan murka Tuhan turun atasnya.

Salomo awalnya pasti tidak pernah berfikir akan ikut menyembah baal-baal itu. Tetapi ternyata orang sehebat dan semasyur Salomo pun bisa terseret dan jatuh juga. Ini memberikan sebuah pelajaran tentang bagaimana sebuah komunitas tempat Anda bergaul akan menentukan bagaimana hidup Anda. Anda harus benar-benar menyadari bahwa pergaulan kita akan membentuk kebiasaan dan cara hdup Anda. Dan hal itu terjadi secara perlahan-lahan. Oleh sebab itu bijaklah dalam menentukan dengan siapa Anda berkomunitas, berteman dan bersahabat. Belajarlah dari kisah Salomo dan jangan sampai Anda kehilangan hal yang baik dalam diri Anda.

Mintalah terus tuntunan Roh Kudus untuk membimbing dan menjagai Anda. Pergaulan yang baik adalah pergaulan yang membawa Anda pada pertumbuhan rohani yang sehat, saling menguatkan, saling mendukung dan pada akhirnya menghasilkan buah yang baik. Salah satunya adalah KELOMPOK SEL, yaitu sebuah keluarga rohani yang akan menjadi tempat Anda bertumbuh. Anda akan memiliki Ketua Kelompok Sel Anda sebagai orang tua rohani, yang akan mengingatkan, mendoakan dan membimbing Anda. Ingatlah bahwa kamunitas Anda akan menentukan kualitas hidup yang Anda miliki!

RENUNGAN

Jaga LINGKUNGAN ROHANIMU. Ijinkan hanya orang-orang yang berpandangan positif saja yang mempengaruhi hidupmu.

APLIKASI

  1. Coba anda teliti apakah pergaulan Anda selama ini masih ada yang membawa pengaruh buruk bagi pertumbuhan rohani Anda. Jika ada, apa komitmen Anda untuk mengubahnya?
  2. Tuliskan komitmen Anda untuk tetap menjaga kebiasaan baik Anda dalam lingkungan kerja, sekolah dan di tempat tinggal Anda!

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan Yesus, aku membutuhkanMu untuk mengingatkanku senantiasa dengan siapa aku bersahabat dan menjalin pertemanan. Tuntun aku supaya aku bisa menemukan keluarga rohani dan komunitas yang baik seperti yang aku butuhkan ya, Tuhan. Didalam nama Tuhan Yesus, Amin!

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Matius 15
Markus 7