Komunitas Yang Sehat Bagi Iman Kita

BACAAN HARI INI
2 Timotius 1:1-18

RHEMA HARI INI
2 Timotius 1:5 Sebab aku teringat akan imanmu yang tulus ikhlas, yaitu iman yang pertama-tama hidup di dalam nenekmu Lois dan di dalam ibumu Eunike dan yang aku yakin hidup juga di dalam dirimu.

3 tahun sudah Lena berjuang mencari pekerjaan, hampir putus asa rasanya. Tapi firman yang di dengarnya hari itu membuatnya begitu antusias. Imannya bangkit untuk terus memperkatakan perkataan profetik bahwa ia pasti akan mendapatkan pekerjaan yang terbaik dari Tuhan. Hatinya yang berkobar-kobar segera menemui tantangan ketika ia sampai di rumah, ayahnya mengatakan percuma saja Lena lulus dengan predikat cumlaude jika akhirnya hanya menjadi pengangguran. Lena menguatkan hatinya dengan terus berkata profetik.

Ketika ia bertemu dengan teman-temannya, Lena mengalami hal yang sama. Bukannya perkataan yang menguatkan, mereka justru membahas bagaimana susahnya bersaing mencari pekerjaan, tanpa koneksi jelas mustahil mendapatkan posisi yang bagus dan masih banyak lagi bahan-bahan obrolan yang tanpa Lena sadari membuat imannya perlahan-lahan mulai hilang. Lena mulai terbawa arus dan kekuatiran pun menguasai dirinya. Ia takut apa yang dialami dan dikatakan oleh teman-temannya terjadi juga padanya. Lena yang awalnya sangat yakin bahwa ia sudah berkemenangan dan percaya bahwa Tuhan akan menggenapi janji-Nya atas hidupnya, kembali terpuruk dan imannya kandas di tengah jalan.

Apakah kita pernah atau bahkan sedang mengalami hal seperti Lena? Awalnya iman kita berkobar-kobar, tapi seiring berjalannya waktu, teman-teman yang kita temui, orang-orang di sekitar kita justru membuat iman kita tidak bertumbuh. Sadarilah bahwa untuk menjaga kondisi iman, sangat penting bagi kita untuk masuk dalam komunitas iman. Jika kita bergaul dengan komunitas orang-orang yang penuh dengan iman, berjalan dengan iman, penuh dengan kuasa dan mujizat, maka akan mudah sekali bagi kita untuk bertumbuh dalam iman sebab iman itu sangat menular. Kita akan terus dikuatkan, dibangun dan didukung sampai benar-benar mengalami kemenangan iman dan janji-janji Tuhan benar-benar digenapi dalam hidup kita. (L.A.)

RENUNGAN
KELILINGI diri kita dengan orang-orang yang BERJALAN DALAM IMAN, sebab iman itu SANGAT MENULAR.

APLIKASI
1.    Sudahkah Anda memiliki komunitas yang membangun iman Anda? Dimanakah Anda menemukannya?
2.    Hal apa yang paling sering melemahkan iman Anda dan bagaimana cara Anda mengatasinya?
3.    Seberapa besar pengaruh orang-orang di sekeliling Anda dalam pertumbuhan iman Anda?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, terimakasih atas orang-orang yang Kau tempatkan di sekeliling kami. Ajarkan kami memiliki hati yang bijaksana untuk bisa membedakan mana komunitas yang bisa membuat iman kami terus bertumbuh dan berikan kami kekuatan supaya kami mampu tetap menjaga iman kami sampai mujizat benar-benar terjadi dalam hidup kami.  Didalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa, Amin!