Konsistensi Sebagai Kunci

BACAAN HARI INI
Galatia 3:1-14

RHEMA HARI INI
Galatia 3:3 “Adakah kamu sebodoh itu? Kamu telah mulai dengan Roh, maukah kamu sekarang mengakhirinya di dalam daging?”

Konsistensi membuat yang tidak mungkin menjadi mungkin. Hal ini dibuktikan dari catatan sejarah.

Korea Selatan pernah mengalami masa-masa yang berat, terutama saat masa pembentukan negara. Saat itu, sama seperti saat ini, Korea terbagi menjadi dua bagian yaitu Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut). Suasana kedua bagian yang mulai memanas pun mulai memicu perang. Korsel dengan Amerika Serikat (AS) di pihak mereka terdesak oleh serangan Korut yang dibantu oleh tentara Uni Soviet (Komunis). Saat itu, tentara Komunis yang sudah menguasai keadaan berhasil mendesak tentara Korsel.

“Ini adalah kesempatan terakhir yang kita miliki,” ujar Presiden Syngman Rhee (Presiden pertama Korsel) dalam pertemuannya dengan para pendeta seantero Korsel. Dalam pertemuan itu, ia menyampaikan bahwa AS sebagai sekutu mereka akan mengirim pasukan udara untuk memborbardir tentara musuh, namun mereka mengalami kendala – musim hujan. Jika hujan turun, pasukan udara tidak dapat terbang, sedangkan mereka tidak dapat bertahan jika menunggu musim hujan usai. “Para pendeta, kalian semua harus berdoa untuk kami. Negara ini bisa terus ada atau tidak, tergantung dari doa kalian,” ucap Presiden Rhee di akhir pertemuan mereka.

Doa itulah yang menggerakkan tangan Tuhan yang penuh kuasa untuk Korsel. Para pendeta berdoa secara konsisten dan Tuhan menghentikan hujan! Tahun 1950, setiap hari, pasukan AS membombardir pasukan musuh dan berhasil melumpuhkan mereka. Korea Selatan tidak akan ada jika tidak ada orang-orang yang berdoa untuk negara.

Api Roh Kudus dapat membuat yang tidak mungkin menjadi mungkin, bahkan yang tidak ada menjadi ada. Jika kita sudah menyala dengan Api Roh Kudus, hal penting yang harus kita lakukan adalah menjaganya. Salah satu caranya adalah membangun hubungan pribadi dengan Tuhan secara konsisten. Jika mau jujur, kita sudah tahu tentang teori ini namun masih sering gagal dalam prakteknya. Bahkan, sangat disayangkan jika banyak orang menganggap bahwa hal ini bukanlah hal yang penting. Jika Anda salah satu orangnya, mari kita bertobat dan buang jauh-jauh pikiran itu. Tuhan Yesus memberkati. (ABU)

RENUNGAN
Membangun hubungan pribadi dengan Tuhan secara KONSISTEN akan membuat Api Roh Kudus di dalam kita TERUS MENYALA.

APLIKASI
o Sudahkah Anda membangun hubungan yang intim dengan Tuhan secara konsisten ? Sebutkan langkah-langkah yang sudah Anda buat.

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, kami tahu bahwa Engkau rindu untuk mengenal kami. Kami juga mau belajar membangun hubungan yang intim denganmu secara konsisten, Tuhan. Kami mau supaya Api Roh Kudus dalam hidup kami tidak padam. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Amsal 27-29
Lukas 21:20-38