KRISIS BISA MENJADI TITIK AWAL SEMAKIN DIBERKATI

RHEMA HARI INI

Yesaya 41:18 Aku akan membuat sungai-sungai memancar di atas bukit-bukit yang gundul, dan membuat mata-mata air membual di tengah dataran; Aku akan membuat padang gurun menjadi telaga dan memancarkan air dari tanah kering.

Pakar ekonomi menyebut pandemi yang sudah berlangsung setahun lebih ini sebagai era disrupsi. Dimana terjadi perubahan besar-besaran dalam semua aspek bisnis, yang bergeser menggunakan teknologi internet. Hal ini menyebabkan krisis bagi yang tidak dapat mengikutinya. Namun sebaliknya menjadi peluang besar bagi yang cepat tanggap meresponinya. Adalah justru suatu keuntungan bagi pengusaha kecil ataupun pemula yang tidak mempunyai modal besar, sebab kondisi ini menyebabkan posisi semua pengusaha dimulai dari titik yang sama.

Jika dulunya diperlukan banyak biaya untuk beriklan dan mempunyai lokasi strategis yang tentunya butuh dana yang tidak sedikit, kini dengan adanya internet, siapapun mempunyai peluang yang sama. Bahkan yang asalnya kecil, jadi mempunyai peluang untuk bersaing dan mengalahkan penguasa pasar yang sebelumnya. Inilah yang Tuhan sediakan bagi setiap kita yang mau menanggapinya. Seperti kisah Yusuf saat terjadi bencana kekeringan di Mesir selama tujuh tahun. Yusuf tinggal di tempat yang sama, wilayah yang sama, dan menghadapi kekeringan yang sama, tetapi nasibnya berbeda. Saat orang Mesir habis-habisan, Yusuf justru diberkati besar-besaran. Sementara yang lain alami kemunduran, Yusuf malah alami kemajuan. Saat yang lain sibuk menjual aset, Yusuf malah sibuk menampung berkat. Saat yang lain kewalahan untuk makan, Yusuf kewalahan untuk mengelola semua berkat yang begitu berlimpah.

Semua itu bisa terjadi karena Yusuf mendapat hikmat dari Tuhan dan secara serius menanggapinya. Ia berjalan tepat seperti petunjuk dari Tuhan dan tidak sekalipun tergoda untuk menyimpang. Kita pun bisa mengalami seperti yang Yusuf alami. Mari kita imani, sekalipun dunia mengalami krisis bukan berarti kita juga harus mengalami dampak negatifnya. Sekalipun raksasa keuangan dunia bertumbangan, bukan berarti kita juga harus tumbang. Sebaliknya, krisis justru bisa menjadi titik awal kita semakin diberkati dan bertumbuh menjadi raksasa keuangan yang baru. Kuncinya adalah mendekat, meminta petunjuk dari Tuhan dan melakukannya sesuai dengan cara Tuhan.

RENUNGAN

KRISIS justru bisa menjadi TITIK AWAL kita semakin DIBERKATI dan bertumbuh menjadi RAKSASA KEKUANGAN yang baru.

APLIKASI

1. Menurut Anda, apa yang membuat Yusuf dapat mengalami kelimpahan saat yang lain kekeringan?
2. Apa pandangan Anda tentang krisis saat ini dan bagaimana Anda menyikapinya?
3. Apa yang seharusnya Anda lakukan supaya krisis ini justru menjadi titik awal Anda semakin diberkati?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan, kami rindu untuk menjadi berkat dan memuliakan nama-Mu di situasi dunia yang sedang gelap saat ini. Berkati apapun yang sedang kami kerjakan saat ini sehingga kami boleh mengalami keberhasilan yang daripada-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus Kristus, kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!