Kuasa Dalam Penyingkapan Firman-Nya

Worship Audio

ReKA Audio

n

Klik tombol segitiga untuk mendengarkan pembacaan Renungan Keluarga Allah hari ini.

Bacaan Alkitab Setahun

hagai

Klik gambar diatas untuk membaca dan mendengarkan pembacaan Alkitab Setahun untuk hari ini.

Renungan Keluarga Allah | Selasa, 25 April 2017

BACAAN HARI INI

Matius 13:1-23

RHEMA HARI INI

Matius 13:23 Yang ditaburkan di tanah yang baik ialah orang yang mendengar firman itu dan mengerti, dan karena itu ia berbuah, ada yang seratus kali lipat, ada yang enam puluh kali lipat, ada yang tiga puluh kali lipat.”

Saat Natal, Pak Ardi dan ayahnya mendapatkan hadiah ponsel pintar yang sama. Sewaktu Pak Ardi mencoba memakainya, ia merasa ponsel itu terlalu merepotkan dan akhirnya hanya menggunakannya untuk telepon dan sms saja. Sedangkan ayah Pak Ardi meminta cucu-cucunya untuk mengajarinya kapan pun mereka berkunjung ke rumahnya. Beberapa bulan kemudian, beliau hampir menguasai semua kegunaan ponsel tersebut. Sekarang beliau tidak pernah lagi kelupaan minum obat karena memasang alarm di ponsel. Beliau juga mengetahui berita-berita terbaru dari media sosial yang ia ikuti. Album fotonya pun penuh dengan gambar dan foto-foto yang ia abadikan. Sepertinya, tidak ada aplikasi yang tidak beliau ketahui kegunaannya. Ayah Pak Ardi tampak begitu senang dan menyebut ponsel tersebut sebagai penolong ajaib yang memudahkan hidupnya.

Kita semua pun sebenarnya telah menerima firman yang sama dari Tuhan. Setiap minggu, kita mendengarkan khotbah yang sama. Kita pun membaca Alkitab yang sama. Seperti Pak Ardi dan ayahnya, pada awalnya mungkin kita pun tidak mengerti firman yang kita terima. Namun, cara kita menyikapi apa yang sudah Tuhan berikan kepada kita menentukan dampak yang akan kita terima dalam hidup kita.

Ya, sesungguhnya, tidak ada seorang manusia pun yang dapat memahami firman Tuhan dengan benar. Yesus sendiri mengatakan bahwa firman itu seumpama rahasia Kerajaan Sorga. Namun Tuhan sudah menyediakan Roh Kudus bagi kita, agar Dia dapat memimpin kita kepada seluruh kebenaran. Yang menentukan apakah sebuah firman tersingkap bagi kita bukanlah kepandaian kita sendiri, tetapi seberapa rela kita mau merendahkan hati dan metaati firman-Nya. Bahkan ketika kita tidak mengerti dan saat logika kita mengatakan hal yang berbeda dengan firman-Nya. Semakin kita tunduk pada firman yang kita terima, Roh Kudus pun semakin leluasa menyingkapkan rahasia firman Tuhan dan berkuasa mengerjakan karya-Nya dalam hidup kita. (MV.L)

RENUNGAN

TINGKAT PENYINGKAPAN FIRMAN yang kita dapatkan menentukan TINGKAT TEROBOSAN yang kita alami

APLIKASI

  1. Bagaimana Anda menyikapi firman Tuhan selama ini?
  2. Jika dibandingkan dengan perumpamaan keempat benih yang ditabur pada Matius 13:19-23, kondisi yang manakah yang sesuai dengan hati dan situasi Anda saat ini?
  3. Bagaimana Anda dapat memperoleh penyingkapan firman Tuhan yang terlebih lagi?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa, kami mau menundukkan hati kami terhadap tuntunan-Mu. Lembutkanlah hati kami, agar kami dapat menerima penyingkapan firman yang akan membawa kami ke dalam terobosan-terobosan hidup yang telah Engkau sediakan bagi kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”
Hagai