Kuasa Roh Kudus Membangkitkan Dan Menghidupkan

ReSIKA: Renungan Siang Keluarga Allah

BACAAN HARI INI
Yohanes 11:21-26

RHEMA HARI INI
Amsal 24:16 Sebab tujuh kali orang benar jatuh, namun ia bangun kembali, tetapi orang fasik akan roboh dalam bencana.

Tardigrade disebut-sebut sebagai hewan terkuat di dunia. Dikenal juga sebagai beruang air, Tardigrade mampu melewati ujian ketahanan hidup yang sangat ekstrem. Eksperimen para peneliti di Jepang yang membekukannya lebih dari tiga dekade, membuktikan betapa kuatnya Tardigrade beku yang dapat dibangkitkan kembali hanya dengan memasukkannya ke dalam air. Selain itu, Tardigrade diketahui mampu bertahan pada suhu hingga 150 derajat Celcius. Ia juga tahan terkena radiasi, tahan di laut dalam, bahkan mampu bertahan berada di ruang hampa udara. Karena itulah para akademi di Oxford menyebut Tardigrades sebagai spesies yang paling tidak bisa dihancurkan di dunia.

Mirip dengan karakter Tardigrade, Amsal menyebut bagaimana hebatnya orang benar. Berapa kali pun ia jatuh, ia sanggup bangun kembali. Mengapa bisa demikian? Jawabannya karena orang benar, yang sudah dibenarkan oleh Kristus, di dalam hatinya ada Roh Kudus. Roh Kudus ini lah yang mempunyai kuasa menghidupkan dan membangkitkan. Selama ada Roh Kudus di hatinya, maka orang benar akan tetap hidup dan terus mengalami kebangkitan. Roh Kudus lah yang membuat orang benar selalu bangkit, terus hidup, dan bahkan semakin menyala-nyala aktif memuji dan melayani Tuhan.

Alkitab mencatat, setelah Roh Kudus dicurahkan, tidak ada yang bisa mematikan pertumbuhan gereja. Pada masa itu gereja mula-mula mengalami tekanan hebat, jemaat mengalami penganiayaan. Namun meskipun diperlakukan kejam seperti apapun, ternyata tidak ada yang sanggup menghentikan dahsyatnya kegerakan gereja. Kita percaya bahwa itu semua bukan karena orang-orangnya hebat, bukan pula karena gerejanya kuat, tetapi semata-mata karena kekuatan Roh Kudus yang selalu membawa kehidupan dan kebangkitan. Karena itu marilah, bersamaan dengan momentum ulangtahun gereja kita, kita sambut rhema yang sudah Tuhan berikan. Kebangkitan besar, great revival, saatnya terjadi pada kita dan gereja kita. inilah saatnya kita dibangkitkan lagi dari kematian kita. Inilah saatnya kita bangkit dari semua keterpurukan dan keterbatasan kita. Inilah saatnya tentara Allah bangkit, mendobrak semua keterbatasan, untuk melakukan perkara-perkara dan mujizat-mujizat besar dengan kekuatan dari Roh Kudus.

RENUNGAN
Meski kita terjatuh tujuh kali pun, kita akan SELALU BANGKIT, sebab kita MEMILIKI ROH KUDUS yang membawa kehidupan.

APLIKASI
1. Bagaimanakah kehidupan Anda selama ini? Apakah Anda masih selalu hidup dalam kekalahan dan keterpurukan?
2. Sudahkah Anda mengundang Roh Kudus untuk masuk dan berkuasa atas hidup Anda?
3. Di area mana Anda ingin agar hidup anda dibangkitkan kembali?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami terima dengan iman saat ini Roh Kehidupan yang membawa nafas hidup sedang berhembus masuk dalam kehidupan kami. Semua yang telah mati akan Kau bangkitkan kembali. Terima kasih Tuhan, penuhi kami dan berilah kekuatan pada kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Pentingnya senantiasa membangun persekutuan dengan Tuhan terus-menerus.

Kita tahu bahwa tanpa hubungan yang intim dengan Roh Kudus sebenarnya kita ini kosong. Itu sebabnya gereja kita sangat mendorong bahkan menyediakan fasilitas supaya jemaat bisa membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan melalui ReKA (Renungan Keluarga Allah) yang dibagikan kepada setiap jemaat setiap pagi.

Tetapi sebenarnya, untuk sebuah pertumbuhan rohani yang sehat, kuat, serta konsisten, kita tidak cukup hanya bersekutu dengan Tuhan 1x di pagi hari saja, melainkan kita harus melakukannya dengan konsisten, setiap saat bersekutu dengan Tuhan.

Secara jasmani saja, kita bisa saja makan 1x dalam 1 hari, tetapi kekuatan tubuh kita tidak akan bisa maksimal jika dibandingkan dengan kalau kita makan 3x sehari. Demikian juga dalam hal minum obat, kebanyakan obat harus diminum 3x sehari supaya tubuh kita yang sakit bisa segera sembuh. Oleh sebab itu bagaimana mungkin kita bisa berpikir bahwa roh kita bisa kuat kalau kita hanya memberi makan roh kita 1x sehari saja? Kita perlu memberi makan manusia roh kita setidaknya 3x sehari, sama seperti kita memberi makan manusia jasmani kita.

Kita bisa melihat Tuhan Yesus, teladan yang sempurna bagi kita semua. Bagaimana IA terus-menerus membangun hubungan yang intim dengan Bapa-Nya. Pagi-pagi benar, ketika hari masih gelap, Tuhan Yesus sudah duduk diam di bawah kaki Tuhan. Siang hari di tengah-tengah kesibukan-Nya melayani orang-orang yang membutuhkan mujizat-Nya, Tuhan Yesus melepaskan diri dari keramaian dan datang kembali kepada Tuhan. Malam hari, ketika kebanyakan orang sudah tidur, Tuhan Yesus menyediakan waktu khusus untuk bersekutu dengan Tuhan.

Begitu juga dengan kehidupan Daud. Dikatakan di dalam Alkitab bahwa 7x dalam sehari Daud memuji-muji Tuhan. Ini artinya Daud memiliki persekutuan yang konsisten dan terus-menerus dengan Tuhan. Demikian juga dengan Daniel. 3x sehari Daniel berlutut, berdoa, serta memuji Allah. Smith Wigglesworth, hamba Tuhan yang dipakai Tuhan membangkitkan banyak orang mati, berkata ia tidak berdoa lebih dari 15 menit, tetapi ia tidak akan melewatkan 15 menit berlalu tanpa berdoa. Tidak heran jika orang-orang besar yang dipakai Tuhan luar biasa itu memiliki kehidupan roh yang kuat, mantap dan penuh kuasa.

Itulah sebabnya mengapa penting sekali bagi kita untuk terus-menerus membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan. Namun, kendala yang terjadi di banyak kehidupan kita sehari-hari adalah seringkali kita lupa bersekutu dengan Tuhan saat kita sudah disibukkan dengan berbagai macam hal yang harus kita kerjakan sepanjang hari itu. Itu sebabnya saat ini ReKA hadir 3x dalam sehari untuk mengingatkan kita supaya senantiasa membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan terus-menerus sepanjang hari. Dengan adanya ReKA setiap pagi, siang, dan malam ini, maka kita akan terus didorong membangun persekutuan yang intim, kuat, dan konsisten dengan Tuhan sehingga manusia roh kita semakin lama akan semakin dibangun dan dikuatkan untuk melakukan hal-hal yang besar bagi kemuliaan Tuhan.