KUASA ROH KUDUS YANG DINYATAKAN DENGAN SEMPURNA

RHEMA HARI INI

2 Korintus 12:9 Tetapi jawab Tuhan kepadaku: “Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna.” Sebab itu terlebih suka aku bermegah atas kelemahanku, supaya kuasa Kristus turun menaungi aku.

Bagi rasul sekelas Paulus yang begitu giat dan berani dalam memberitakan Injil, tubuh yang sehat dan kuat pastilah akan sangat mendukung. Akan tetapi karena keberaniannya itu pula, Paulus menerima banyak aniaya dan deraan. Salah satunya di Listra, kampung halaman Timotius, Paulus dilempari batu oleh massa dan di seret keluar kota. Semua orang mengira ia sudah mati, Paulus pasti tergeletak tak bergerak. Penuh luka parah dan berdarah-darah. Meskipun pada akhirnya Paulus dengan ajaib berhasil bangkit kembali dan masuk ke dalam kota, namun penganiayaan-penganiayan berat yang telah dialami Paulus sepanjang pelayanannya, setidaknya pasti meninggalkan bekas-bekas luka dan cedera menetap pada tubuhnya.

Banyak sarjana teologia meyakini kalau Paulus bermasalah dengan penglihatannya atau rabun mata. Juga, konon kakinya bengkok dan bentuk badannya kurang baik akibat cedera. 3 kali Paulus berdoa supaya penderitaannya disembuhkan, tetapi sebagai gantinya, Tuhan justru mengijinkan ia mengalaminya. Meski demikian Paulus tetap mengucap syukur, sebab ia mengerti tujuan Tuhan dalam kelemahannya. Yaitu agar ia tidak tinggi hati karena begitu hebat dan dahsyat pencapaiannya dalam pelayanannya kepada Tuhan.

Sebagai manusia kita memang lemah, adakalanya kita ingin menyerah dan kehilangan pengharapan. Tetapi saat ada Roh Kudus dalam hidup kita, maka kuasa-Nya dinyatakan sempurna. Ketika hidup terasa begitu sulit, inilah saatnya kita belajar sesuatu yang baru. Bahwa kuasa Tuhan sanggup mengatasi semua batas-batas logika manusia. Saat kita sampai pada sebuah situasi yang membuat kelemahan kita terasa begitu nyata, disanalah kuasa Tuhan justru menjadi sempurna. Apapun situasi yang sedang kita hadapi sekarang ini, percayalah, kasih karunia Tuhan tetap memelihara kita. Kita tak akan berkekurangan segala yang baik, bahkan kita akan tetap mampu berbuah lebat bersama dengan Roh Kudus. (PF)

RENUNGAN

Sebagai manusia kita memang LEMAH, tetapi saat ada Roh Kudus dalam hidup kita, maka KUASA-NYA dinyatakan sempurna.

APLIKASI

1. Pernahkah Anda merasa kelemahan Anda begitu nyata? Dalam hal apakah itu?
2. Apakah dalam kelemahan Anda itu, Anda menjadi menyadari sempurnanya kuasa Tuhan yang bekerja dalam hidup Anda?
3. Apa yang membuat kuasa Tuhan dinyatakan sempurna dalam kelemahan Anda? Apa peranan Roh Kudus di dalamnya dan apa komitmen Anda?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, kami mengucap syukur bahwa dalam kelemahan kami, kasih karunia dan kesetiaan-Mu tetap memelihara kami. Justru dalam kelemahan kami, kuasa-Mu semakin nyata kami rasakan. Kiranya Roh-Mu yang Kudus, senantiasa memenuhi dan berkuasa atas hidup kami, sehingga kami tetap berbuah lebat dalam setiap musim kehidupan kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!