Kuasa Untuk Mengubah Keadaan

Renungan Keluarga Allah
Selasa, 03 Mei 2016

BACAAN HARI INI

Markus 11:20-23

RHEMA HARI INI

Markus 11:23 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa berkata kepada gunung ini: Beranjaklah dan tercampaklah ke dalam laut! asal tidak bimbang hatinya, tetapi percaya, bahwa apa yang dikatakannya itu akan terjadi, maka hal itu akan terjadi baginya.

Di dalam suatu ruangan, terlihat sebuah AC multifungsi, yaitu sebagai pendingin dan penghangat ruangan. Juga memiliki kapasitas yang jauh lebih besar dari AC biasa. Sayangnya, AC itu tidak pernah dinyalakan dan dibiarkan mati. Akibatnya, ruangan tersebut menjadi sangat panas ketika suhu udara panas dan menjadi sangat dingin ketika musim dingin tiba. Setiap orang yang ada di ruangan tersebut merasa sangat tidak nyaman dan menjadi tidak betah ada di sana. Sampai suatu hari, ada seorang pemuda yang menyadari keberadaan dan fungsi AC tersebut dan segera menyalakannya. Ketika tombol ON ditekan, suhu ruangan yang tadinya sangat panas mulai berangsur-angsur menjadi dingin dan semua orang yang ada di sana merasakan adanya perubahan.
Sadarkah bahwa dalam kehidupan Anda pun, sesungguhnya Tuhan sudah menaruh kekuatan, kemampuan dan kuasa yang sangat besar. Tetapi terkadang Anda tidak menyadarinya. Sehingga ketika keadaan buruk datang, sakit penyakit, masalah keuangan menyerang, Anda tidak tahu bagaimana cara mengatasinya. Bahkan justru membiarkan kekuatiran dan ketakutan itu menguasai diri Anda. Bukan Anda yang bangkit mengalahkan keadaan, tetapi yang terjadi justru Anda dikuasai oleh keadaan itu. Tanpa sadar, Anda sama seperti orang-orang yang ada di dalam ruangan dalam ilustrasi di atas yang mengalami ketidaknyamanan hanya karena ketidaktahuan mereka atas sebuah fasilitas yang sesungguhnya mereka miliki.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyalakan tombol ON untuk mengaktifkan iman Anda. Anda harus percaya sepenuhnya bahwa Anda memiliki kuasa untuk mengubahkan keadaan. Dengan cara membangun kehidupan doa dan tekun merenungkan firmanNya. Sadarilah pentingnya perenungan akan firman Tuhan, karena iman timbul dari pendengaran akan firman Kristus. Semakin banyak perhemaan firman yang Anda miliki, semakin banyak pula senjata untuk melawan setiap keadaan yang sulit. Ketika firman Rhema dilepaskan, sesungguhnya Anda sedang melepaskan kuasa Allah. Dan firman yang keluar dari mulut Allah tidak akan pernah kembali dengan sia-sia.
Bahkan ketika Anda memiliki iman sebesar biji sesawi saja, Anda akan dapat memindahkan gunung-gunung masalah apapun. Mulai sekarang, bangkitlah mengubah keadaan Anda. Percayalah bahwa kuasa itu selalu menyertai orang percaya termasuk Anda. Mulailah latih iman Anda supaya makin lama makin utuh dan memindahkan gunung serta mencampakkannya ke dalam laut bukanlah hal yang mustahil lagi bagi Anda. Itulah salah satu gaya hidup manusia Allah yaitu selalu bangkit mengubah keadaan dengan kuasa Allah dan keluar menjadi pemenang.

RENUNGAN

Manusia Allah, hidupnya tidak dipengaruhi keadaan, tetapi dengan KUASA ALLAH yang ada di dalam dirinya, ia mampu MENGUBAH KEADAAN!

APLIKASI

  1. Seberapa seringkah Anda masih dikuasai oleh keadaan?
  2. Komitmen apakah yang akan Anda lakukan untuk membuat Anda makin mampu mengubah keadaan tidak lagi dipengaruhi olehnya?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan Yesus, berikan kami kekuatan untuk percaya bahwa kami memiliki kuasa yang besar untuk mengubah setiap keadaan yang sulit. Ajari kami untuk makin bertumbuh dalam iman, sehingga kami bisa memindahkan gunung-gunung masalah kami. Didalam nama Tuhan Yesus kami berdoa, Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Ester 6-10