Kunci Bekerjasama Dengan Roh Kudus

RHEMA HARI INI
Kejadian 12:1-3 “1 Berfirmanlah TUHAN kepada Abram: “Pergilah dari negerimu dan dari sanak saudaramu dan dari rumah bapamu ini ke negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu; 2 Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar, dan memberkati engkau serta membuat namamu masyhur; dan engkau akan menjadi berkat. 3 Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau, dan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau, dan olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat.”

Reinhard Bonnke lahir pada 1940 di Jerman Timur. Pada usia sembilan tahun, ia dan saudara-saudaranya kembali ke Jerman. Ayahnya saat itu menjadi pendeta dan telah merintis gereja di Hamburg, Jerman Barat. Di situlah ia dibesarkan. Ia pun mencuri beberapa keping uang dari dompet ibu-nya dan pergi membeli permen. Ibunya memergokinya. Namun, alih-alih menghukumnya, ibunya merangkulnya dan berkata, “Reinhard, kau sedang menuju neraka karena kau ini pencuri.” Saat itu ia merasa Roh Kudus menjamah hatinya. Ia melihat dirinya sebagai orang berdosa. Ibunya menjelaskan bahwa Yesus peduli dan dapat menyelamatkan orang berdosa. Ia mengalami kelahiran kembali, dan sejak saat itu tidak pernah mencuri uang lagi.Setahun kemudian, pada usia sepuluh tahun, ia mendapatkan panggilan Tuhan. Saat itu sedang ada pembicara tamu yang berkhotbah di gereja ayahnya. Tiba-tiba ia mendengar suara Roh Kudus di dalam hatinya, begitu nyaring, mengatakan, “Reinhard, suatu hari kau akan memberitakan Injil di Afrika.”Ia mulai menangis dan berlari ke depan, memeluk ayahnya.”Papa, Papa, Papa, Tuhan berbicara kepadaku,” katanya.”Apa yang dikatakan-Nya?” tanya ayahnya.”Tuhan berkata, suatu hari aku akan memberitakan Injil di Afrika,” jelasnya. Setelah kuliah di Bible College di Wales, ia menjadi pendeta di Jerman selama tujuh tahun. Pada 1969 ia dan istrinya, Anni, serta anak laki-laki mereka yang masih bayi, berangkat ke Maseru, Lesotho. Pada tahun-tahun awal di Maseru, Reinhard dan Annie melakukan karya misi secara tradisional. Ketika itulah ia mendapatkan penglihatan tentang “benua Afrika, dibasuh oleh darah Yesus yang mahal harganya”. Visi itu menanamkan kerinduan dalam hatinya untuk menjangkau seluruh benua Afrika, dari Cape Town sampai Kairo dan dari Dakar sampai Djibouti. Pada awalnya ia belum melihat bukti bahwa gagasan sebesar itu mungkin diwujudkan, namun ia terus berpegang teguh pada impian ilahi itu dan bertekun dalam pelayanannya. Pada 1974 ia mendirikan lembaga penginjilan Christ for all Nations (CfaN). Begitulah, sampai pada 1984, mereka membangun tenda terbesar di dunia, sebuah tenda yang dapat dipindah-pindah dengan kapasitas 34.000 tempat duduk! Di Lagos, Nigeria, pengunjungnya mencapai 1,6 juta dengan tata suara yang terdengar sampai bermil-mil jauhnya.Sampai saat ini tercatat tak kurang dari 42 juta jiwa mengambil keputusan bagi Yesus melalui KKR CfaN.

Dalam Kisah diatas Reinhard Bonnke mendapat visi dari Tuhan bahwa dia akan dipakai Tuhan untuk memberitakan Injil di Afrika dan akhirnya memang terbukti banyak jiwa diselamatkan melalui Reinhard Bonnke. Sama seperti Abraham harus melihat bahwa rencana Tuhan adalah membuat dia punya keturunan yang banyak, maka kita harus melihat visi Tuhan dalam hidup kita. Ketika kita dipenuhi Roh Kudus, maka Tuhan akan memberikan visi-Nya bagi kita. Kita memerlukan visi dari Tuhan. Visi sangat penting untuk perjalanan kehidupan kita, karena visi dari Tuhan akan membuat kita terus maju, dari kemuliaan menuju kemuliaan, dari satu kemenangan menuju kemenangan lainnya, dari satu berkat kepada berkat lainnya. Tanpa visi, kita akan mudah keluar dari rencana Tuhan, mengalami kemunduran, dan kembali pada dosa dan kehidupan kita yang lama. Banyak orang yang melakukan kejahatan, setelah menyelesaikan masa hukumannya, mereka kembali melakukan kejahatan yang sama, karena setelah kembali pada kehidupannya, mereka tidak memiliki visi. Untuk mendapatkan visi dari Tuhan, kita harus hidup intim dengan Tuhan dan minta pengurapan-Nya, sehingga kita akan senantiasa percaya pada Allah meskipun berada dibalik goncangan-goncangan. Oleh sebab itu, untuk bisa BEKERJASAMA DENGAN ROH KUDUS, maka kita harus bisa MENANGKAP VISI TUHAN atas hidup kita. (ABU)

RENUNGAN
Untuk bisa BEKERJASAMA DENGAN ROH KUDUS, maka kita harus bisa MENANGKAP VISI TUHAN atas hidup kita.

APLIKASI
1. Apa visi Tuhan dalam hidup anda ?
2. Apakah anda sudah benar dalam menangkap visi Tuhan dan apakah anda sudah berjuang untuk mencapainya ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa terimakasih untuk setiap visi yang Engkau berikan dalam hidup kami, kami mau bekerjasama denganMu agar kami dapat mencapai visi itu dalam hidup kami. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN :
Bilangan Pasal 1-2
Kisah Para Rasul Pasal 3