Kunci Dipakai Tuhan Untuk Kemuliaan

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Ayub 1-2
Kisah Para Rasul 7:22-43

BACAAN HARI INI

1 Petrus 5:1-11

RHEMA HARI INI

1 Petrus 5:5b-6 “Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati.” Karena itu rendahkanlah dirimu di bawah tangan Tuhan yang kuat, supaya kamu ditinggikan-Nya pada waktunya.

Komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam hidup manusia. Sekarang ini, kita bisa mendengarkan suara dan melihat gambar dari tempat lain dengan mudahnya. Seolah tidak ada lagi penghalang dalam berkomunikasi meskipun jarak terpisah cukup jauh. Berbeda dengan zaman dahulu, pada masa belum ditemukannya internet maupun telepon. Orang hanya bisa berkomunikasi melalui pos saja, sehingga terkadang informasi yang diperoleh menjadi terlambat. Sampai seseorang berhasil menciptakan alfabet khusus yang digunakan di mesin telegraf yang kemudian disebut sandi morse, ia-lah Samuel F. B. Morse.

Meskipun telah berhasil menemukan telegraf, Morse lantas tidak menjadi tinggi hati, ia tetap memiliki kerendahan hati. Bahkan untuk setiap karyanya, ia mengaku, “Semuanya adalah karya Dia, bukan bagi kami, tetapi bagi nama-Mulah, ya Tuhan, segala pujian.” Semenjak penemuannya itu, kehidupan Morse semakin membaik dan berbagai penghargaan diperolehnya. Dengan rendah hati ia berkata, “Saya telah membuat aplikasi berharga di dunia telegraf, tetapi itu bukan karena saya lebih baik, lebih hebat dari orang lain, tetapi karena Tuhan dalam rencana-Nya untuk umat manusia, harus menyingkapkannya melalui seseorang. Tuhan telah memilih untuk menyatakan kepada dunia lewat diriku.”

Morse adalah contoh anak Tuhan yang tetap rendah hati meskipun sudah mencapai puncak keberhasilan. Bagaimana dengan kita hari ini? Periksalah hidup kita kembali, jangan sampai kita menjadi sombong dan tinggi hati, karena Tuhan tidak menyukainya. Jika kita rindu dipakai Tuhan untuk maksud yang mulia di Tahun Kemuliaan Tuhan ini, jagalah kerendahan hati kita di mana pun Tuhan tempatkan dan posisikan kita saat ini. Percayalah, ketika kita bisa terus merendahkan hati kita, cepat atau lambat Tuhan akan meninggikan kita dan menjadikan kita perabot emas yang penuh kemuliaan-Nya. (LEW)

RENUNGAN

Kalau kita RINDU DIPAKAI TUHAN untuk MAKSUD YANG MULIA, kuncinya adalah KERENDAHAN HATI.

APLIKASI

1. Apakah kita sudah memiliki sikap rendah hati dalam setiap keadaan kita? Jika sudah atau belum, mengapa?
2. Adakah penghalang bagi Anda untuk memiliki kerendahan hati? Sebutkan!
3. Apa saja yang akan Anda lakukan agar Anda bisa bersikap rendah hati?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa yang di dalam sorga, kami bersyukur untuk kasih karunia dan anugerah-Mu yang besar dalam hidup kami. Ajarilah kami selalu rendah hati dan pakailah kami selalu untuk maksud-Mu yang mulia. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”