Kunci Jawaban Doa

Renungan Keluarga Allah
Minggu, 27 November 2016

BACAAN HARI INI

Yesaya 58:6-12

RHEMA HARI INI

Yesaya 58:10 apabila engkau menyerahkan kepada orang lapar apa yang kauinginkan sendiri dan memuaskan hati orang yang tertindas maka terangmu akan terbit dalam gelap dan kegelapanmu akan seperti rembang tengah hari.

Di Skotlandia hiduplah seorang petani miskin. Ia sedang bersedih karena terpaksa menghentikan pendidikannya anaknya, padahal anaknya itu ingin menjadi seorang dokter. Kemudian, suatu hari, ketika sedang mencangkul di sawah, ia mendengar jeritan minta tolong tak jauh darinya. Segera saja ia berlari menghampiri dan melihat seorang anak kecil hampir tenggelam dalam genangan lumpur. Petani itu pun segera menarik keluar anak tersebut. Hari berikutnya, rumahnya didatangi seorang bangsawan. Ternyata bangsawan itu adalah ayah dari anak kecil yang kemarin ditolong oleh si petani. Singkat cerita, bangsawan ini menawarkan bantuan sejumlah dana yang lebih dari cukup untuk membiayai pendidikan anak si petani sampai selesai kuliah kedokteran. Bertahun kemudian, sebuah wabah mematikan melanda Skotlandia. Bangsawan tersebut dan keluarganya pun tak terluput dari serangan wabah ini. Dalam keterputusasaan, tiba-tiba saja terdengar kabar bahwa seorang ilmuwan muda telah menemukan sebuah serum. Setelah ia dan keluarganya sembuh, bangsawan tersebut memutuskan untuk bertemu dengan penemu obat yang telah menyelamatkan keluarganya dan juga orang banyak. Betapa terkejutnya ia ketika mendapati bahwa ilmuwan muda itu adalah anak si petani yang dibiayainya.

Terkadang kita mengalami sakit dan masalah. Atau saat ini kondisi ekonomi kita tergolong kurang mampu. Ketika kita berada dalam kesulitan, seringnya kita menjadi terlalu sibuk dengan masalah kita sendiri. Meski demikian, yang Tuhan inginkan apabila kita mengalami masalah, adalah kita tetap memiliki belas kasihan kepada orang lain, sehingga Tuhan dapat memberkati kita. Seperti dalam kisah di atas, justru saat kita menolong orang lain, maka Tuhan segera menjawab doa-doa kita. Justru ketika kita menjadi saluran berkat bagi orang lain maka terang kita akan terbit dalam gelap, dan kegelapan kita akan seperti matahari di siang bolong. Bahkan, sementara kita menjadi saluran berkat, maka Tuhan memakai kita untuk membangun dan melakukan perkara-perkara yang besar dan ajaib bagi Tuhan. (ABU)

RENUNGAN

BELAS KASIHAN adalah KUNCI untuk menerima JAWABAN DOA

APLIKASI

  • Coba ceritakan belas kasihan seperti apa yang sudah pernah anda lakukan?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa, ajar kami untuk senantiasa memiliki belas kasihan kepada orang lain. Kami mau, menjadi saluran berkat untuk orang-orang yang membutuhkannya. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Mazmur 6, 8-10, 14,16, 19, 21