KUNCI MEMILIKI DAMAI SEJAHTERA YANG SEJATI

BACAAN HARI INI

Roma 5:1-11

RHEMA HARI INI

Roma 5:1 Sebab itu, kita yang dibenarkan karena iman, kita hidup dalam damai sejahtera dengan Allah oleh karena Tuhan kita, Yesus Kristus.

Ryan harus menjalani rawat jalan karena tulang lengannya mengalami dislokasi atau pergeseran letak akibat terjatuh. Beruntung lengan Ryan masih bisa pulih tanpa harus operasi. Namun belum ada 1 tahun, Ryan terjatuh lagi dari sepeda motor, dan kali ini ia terpaksa harus di operasi. Perasaan Ryan campur aduk, sedih, takut, kecewa dan bingung memikirkan biaya operasi. Belum lagi isterinya yang kini tak perhatian lagi padanya.

Dalam diam dan kesendirian, Ryan menyalahkan Tuhan akan apa yang menimpanya. Ryan merasa Tuhan tidak adil karena memberikan cobaan yang beruntun. Masalah demi masalah datang silih berganti, membuat Ryan kehilangan damai sejahtera. Ia terus mengasihani dirinya sendiri sampai di satu titik Ryan menyadari bahwa apa yang dilakukannya selama ini salah. Ryan merasa ia tambah terpuruk karena jauh dari hadirat Tuhan yang selalu disalahkannya. Ryan segera meminta ampun kepada Tuhan dan ia mengambil keputusan untuk berdamai dengan Tuhan. Semenjak itu, Ryan selalu bisa mengucap syukur atas apapun yang terjadi dalam hidupnya. Sejak itu pula, damai sejahtera dan sukacita mulai dirasakan Ryan.

Mungkin yang kita alami dan hadapi saat ini lebih berat dari masalah Ryan. Kehilangan orang yang kita kasihi, kehilangan harta benda atau pun kehilangan pekerjaan membuat kita menyalahkan Tuhan. Jika demikian, hari ini Tuhan mengingatkan setiap kita agar memberikan diri untuk berdamai dengan Allah. Tuhan tidak ingin kita berlarut-larut dalam kesedihan dan masalah, apalagi di momen menjelang natal seperti saat ini. Natal yang memiliki arti momen pendamaian dengan Allah. Ya, Allah sang Raja Damai itu turun ke dunia untuk menawarkan perdamaian dengan kita manusia yang berdosa. Bahkan dua ribu tahun lalu Tuhan tidak hanya mengulurkan tangan-Nya, tetapi Dia datang ke dunia agar manusia bisa berdamai dengan Tuhan. Sadarilah bahwa tanpa berdamai dengan Tuhan, mustahil bagi kita untuk memiliki damai sejahtera yang sejati. Oleh karena itu, segeralah berdamai dengan Tuhan agar kita memperoleh damai sejahtera dan sukacita yang tak berkesudahan. Bahkan kemuliaan-Nya yang lebih terang dari sebelumnya akan dimanifestasikan dalam hidup setiap kita. (LEW)

RENUNGAN

MUSTAHIL bagi kita untuk MEMILIKI DAMAI SEJAHTERA yang SEJATI tanpa BERDAMAI dengan Tuhan.

APLIKASI

1. Apakah Anda saat ini sudah bisa berdamai dengan Tuhan? Jika belum, apa alasan Anda
2. Mengapa Anda harus berdamai dengan Tuhan?
3. Apa saja yang Anda lakukan sebagai tanda bahwa Anda sudah berdamai dengan Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan Yesus, apapun yang kami alami sekarang ini kami mau berdamai dengan Engkau. Kami mau memiliki damai sejahtera yang sejati dalam hidup kami. Kami percaya hanya Engkaulah sumber damai sejahtera bagi kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!