KUNCI MENGASIHI DAN MENYELAMATKAN JIWA-JIWA (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

1 Raja-Raja 3-5
Lukas 20:1-26

BACAAN HARI INI
Efesus 4:17-32

RHEMA HARI INI
Efesus 4:31-32 Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan. Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.

Bu Ningsih adalah seorang janda yang hidup dekat dengan Tuhan. Di masa tuanya ia banyak mengisi kesehariannya dengan berdoa, membaca Alkitab, dan rajin ikut pertemuan-pertemuan ibadah. Pemikirannya sudah tidak lagi berfokus pada urusan dunia, melainkan urusan surgawi. Sehingga banyak tetangga maupun teman-temannya yang datang kepadanya meminta saran maupun pertimbangan saat mereka sedang menghadapi permasalahan.

Namun, karena karakter tetangga maupun teman-temannya berbeda, terkadang bukannya meminta saran, tetapi mereka malah datang ke rumahnya untuk mencari kesalahan Bu Ningsih dan keluarganya. Jika Bu Ningsih masih memikirkan perkara duniawi, bisa saja ia sakit hati, menyerah, dan enggan memberikan saran kepada teman-temannya. Akan tetapi, ia memilih untuk fokus pada pelayanan untuk menyelamatkan jiwa-jiwa. Karena itu, ia berusaha menjaga hatinya bersih dan tidak menyimpan luka hati atas perkataan tidak enak yang didengarnya.

Saat ini, Tuhan sedang membawa kita masuk ke dalam kegerakan apostolik. Untuk menjalankannya pun diperlukan hati yang bersih. Tidak bisa tidak, kita perlu membereskan hati kita dari segala kekotoran duniawi. Tidak peduli seberapa sakit dan parah luka hati kita, pilihlah untuk membuang jauh-jauh segala sesuatu yang masih mengganjal di hati kita, baik itu sakit hati, kemarahan, maupun kekecewaan. Jangan lagi menyimpan ataupun memendamnya, agar kita semua bisa mengalami pemulihan yang total. Tuhan mau kita masuk dalam kegerakan apostolik ini dengan keadaan yang sehat, baik sehat secara roh, jiwa, dan tubuh. Saat kesembuhan total kita alami, hidup kita akan dipulihkan dan misi memenangkan jiwa-jiwa bagi kemuliaan nama Tuhan Yesus bisa kita penuhi. (LEW)

RENUNGAN
Memiliki HATI yang BERSIH dari segala bentuk luka hati, membuat kita bisa MENGASIHI dan MENYELAMATKAN jiwa-jiwa

APLIKASI
1. Mengapa Anda harus memiliki hati yang bersih dari segala bentuk luka hati?
2. Apakah Anda masih mengalami luka hati? Ceritakan!
3. Bagaimana cara Anda agar Anda bisa membersihkan hati dari segala bentuk luka hati?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, ampunilah jikalau kami masih memendam berbagai hal yang menghalangi kesembuhan bagi luka hati kami. Hari ini, kami mau memiliki hati yang bersih dari segala bentuk luka hati. Mampukanlah kami mengampuni mereka yang bersalah kepada kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”