Kunci Mengubah Pergumulan Menjadi Mujizat

BACAAN HARI INI
Ibrani 11:1-40

RHEMA HARI INI
Ibrani 11:3 Karena iman kita mengerti, bahwa alam semesta telah dijadikan oleh fiman Allah, sehingga apa yang kita lihat telah terjadi dari apa yang tidak dapat kita lihat.

Di gereja kita sudah sering diajarkan pentingnya memperkatakan firman yang disertai dengan iman, namun terkadang sebagian dari kita masih sering tidak melakukannya. Banyak dari kita hafal ayat-ayat Alkitab, kita juga sering membaca ayat-ayat emas baik dari buku atau media sosial, tetapi semua itu hanya menjadi kata-kata indah saja saat kita mengucapkannya tetapi tidak mengimaninya.

Melalu rhema renungan siang ini, jika kita renungkan sejenak bagaimana dahulu Tuhan menciptakan alam semesta, pada mulanya bumi belum berbentuk dan kosong serta gelap gulita. Namun sekarang kita dapat melihat adanya matahari, bulan, tumbuhan dan hewan-hewan. Semua itu karena Tuhan mengadakan yang dulunya tidak ada, sekarang menjadi ada hanya dengan fiman yang diucapkan-Nya penuh kuasa karena ada iman yang menyertainya. Kita juga dapat melihat kisah Abraham, ketika Abraham memperoleh janji Tuhan bahwa ia akan memiliki banyak keturunan, Abraham berani untuk menangkap janji Tuhan tersebut. Abraham terus memperkatakan janji Tuhan tersebut dan juga meyakininya bahwa janji Tuhan pasti terjadi sekalipun saat ini yang Ia lihat adalah keadaan yang sebenarnya sangat jauh dari harapan.

Belajar dari kisah Tuhan Yesus dan juga Abraham, begitulah seharusnya respon kita saat menghadapi berbagai pergumulan yaitu dengan firman dan iman. Oleh karena itu, saat kita memperkatakan firman juga harus disertai dengan iman. Karena firman yang harusnya penuh kuasa, akan seolah tidak ada kuasanya jika tidak ada iman yang menyertainya. Saat ini mungkin kita sedang mengalami pergumulan tentang keuangan, kesehatan, keluarga, pekerjaan atau apapun itu yang terasa berat dan seakan sudah tidak ada jalan keluar. Namun, ada satu kunci mujizat yang sanggup membuka pintu untuk kita keluar dari semua beban kita, yaitu firman yang disertai iman. Ucapkan firman Tuhan atas masalah-masalahmu dan percayalah bahwa mujizat sudah terjadi atas hidup Anda. Yakinlah Tuhan sudah mendengar doa-doa Anda dan sudah menjawabnya.

RENUNGAN
Hanya FIRMAN yang DISERTAI IMAN yang akan menghasilkan MUJIZAT.

APLIKASI
1.    Sudahkah Anda terus memperkatakan firman?
2.    Apakah Anda masih atau sering meragukan Tuhan?
3.    Komitmen apa yang Anda ambil setelah membaca renungan siang ini?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, kami mengucap syukur atas semua yang kami alami dalam hidup kami. Kami percaya Engkau pegang kendali atas hidup kami. Ajar kami untuk terus memperkatakan firman-Mu dan tidak kehilangan iman kami, sehingga kami dapat melihat karya-Mu yang ajaib dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”