Kunci Pemulihan Keluarga

Renungan Keluarga Allah
Senin, 18 Juli 2016

BACAAN HARI INI

Kolose 3:5-17

RHEMA HARI INI

Kolose 3:13 Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.

Satya sudah bertahun-tahun tidak berbicara dengan ayahnya. Ada kebekuan antara keduanya. Satya merasa ayahnya sudah melakukan banyak sekali kesalahan terhadap dirinya dan dia mempunyai hak untuk tidak mendengarkan perkataan ayahnya. Satu percakapan kecil antara keduanya pasti berujung pada pertengkaran yang diwarnai oleh kekerasan. Suatu hari Roh Kudus berbicara kepada Satya melalui ayat Alkitab, “Bapa, ampunilah mereka karena mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat” (Lukas 23:24). Satya tersadar bahwa selama ini ayahnya tidak tahu apa yang dia perbuat. Dan dapatkah Satya menyalahkan seseorang yang tidak tahu apa yang dia perbuat? Tentu saja tidak! Satya mengambil keputusan untuk mengampuni ayahnya. Dan Satya juga mengambil keputusan untuk meminta maaf pada ayahnya karena selama ini Satya selalu menolak untuk mendengarkan perkataan ayahnya. Dan pemulihan keluarga pun terjadi. Satya dan ayahnya bisa mengampuni dan menerima kekurangan satu sama lain. Mereka melupakan apa yang pernah terjadi di masa lalu. Permintaan maaf dan pengampunan yang dilepaskan oleh Satya kepada ayahnya telah mencairkan kebekuan hubungan mereka.

Apakah ada seseorang dalam hidup Anda yang terus menerus menyakiti hati Anda? Ampunilah orang tersebut karena ia tidak tahu apa yang ia perbuat. Seringkali seseorang melakukan hal buruk yang sama karena ia tidak tahu ada hal lain, yang jauh lebih baik, yang bisa ia perbuat. Bersabarlah dan doakan supaya Roh Kudus mengubah hatinya. Dan jangan malu untuk terlebih dahulu meminta maaf kepadanya karena setiap pihak pasti punya andil dalam sebuah hubungan yang berantakan.

Tuhan Yesus sudah berinisiatif untuk mengampuni kita serta datang kepada kita karena kita tidak mampu datang kepada Dia. Dan hal ini memulihkan hubungan kita dengan Allah. Meneladani Tuhan dan Juru Selamat kita, Yesus Kristus, maka ampunilah dan mintalah maaf terlebih dahulu. Hubungan yang retak, dan keluarga yang berantakan pasti dipulihkan.

RENUNGAN

Permintaan MAAF DAN PENGAMPUNAN adalah kunci pemulihan keluarga.

APLIKASI

  1. Apakah ada seseorang yang terus menerus menyakiti hati Anda? Mengapa?
  2. Sudahkah Anda mengampuni dan meminta maaf kepada orang tersebut?
  3. Bagaimanakah reaksi orang tersebut ketika Anda meminta maaf? Apakah yang terjadi sesudah Anda meminta maaf kepadanya? Bagikan!

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan Allah kami, terima kasih atas kasih dan pengampunanMU yang sudah membebaskan kami. Tuhan, mampukan kami untuk mengasihi dan mengampuni setiap orang yang bersalah kepada kami seturut teladan dan kehendakMU. Juga berikan kami hati yang berani untuk meminta maaf terlebih dahulu. Di dalam Nama Yesus kami berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Kisah 24-26