KUNCI UNTUK MENCAPAI PUNCAK KEMULIAAN (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

1 Tawarikh 22-24
Yohanes 8:28-59

BACAAN HARI INI
Amsal 15:22-30

RHEMA HARI INI
Amsal 15:22 Rancangan gagal kalau tidak ada pertimbangan, tetapi terlaksana kalau penasihat banyak.

Alkisah di zaman Mesir kuno, Firaun memerintahkan dua orang, Azur dan Chuma, untuk membangun masing-masing satu piramida. Bagi yang lebih dulu menyelesaikannya, akan diberikan hadiah kekayaan yang sangat besar. Syaratnya, piramida itu harus dibangun seorang diri. Tak membuang waktu, Azur langsung bekerja. Hanya dalam waktu beberapa minggu, lantai dasar pun selesai. Beberapa bulan berikutnya, ia berhasil menyelesaikan lantai dua dan tiga dari piramidanya. Sementara itu, Chuma belum meletakkan satu batu pun. Ia hanya terus membuat coretan-coretan di kertas.

Mulai tahun kedua, stamina Azur mulai terkuras. Pekerjaannya pun melambat. Untuk membangun setiap lantainya, ia membutuhkan waktu dua tahun. Namun ia tetap berbesar hati sebab Chuma masih belum melakukan apa-apa. Di tahun ke-5, barulah Chuma mulai bergerak. Chuma membawa alat menyerupai crane setinggi sepuluh meter. Dengan alat itu, ia dapat mengerjakan 30x lebih cepat daripada Azur. Chuma pun menyelesaikan piramidanya dalam enam tahun. Tiga tahun masa perencanaan dan perakitan alat, kemudian tiga tahun masa pengerjaan. Sementara Azur yang sudah delapan tahun bekerja, masih kurang membangun dua lantai lagi.

Sebagian orang mungkin menganggap perencanaan tidak perlu lama-lama, sebab akan membuang banyak waktu. Cukup garis besarnya saja, lainnya berjalan sesuai situasi dan kondisi. Namun kenyataannya, ada perbedaan besar antara sesuatu yang sengaja direncanakan dengan yang tidak. Kesuksesan besar tidak bisa diraih hanya dalam waktu satu malam, tetapi diperlukan strategi dan perencanaan yang sangat matang untuk bisa meraih puncak kemuliaan. Ingatlah, Tuhan punya rencana yang sangat serius dalam hidup kita. Kita tidak boleh main-main dengan hidup tanpa perencanaan. Inilah saat yang tepat untuk kita mulai membuat rencana dan strategi untuk tahun depan yang sudah di depan mata. Dengan perencanaan yang seimbang dan kuat serta visi yang jelas, maka pada akhirnya kita akan mengalami kemuliaan Tuhan yang lebih terang lagi. Penuh berkat, penuh kebahagiaan dan penuh dengan anugerah Tuhan yang dahsyat. (PF)

RENUNGAN
PUNCAK KEMULIAAN bisa kita CAPAI dengan PERENCANAAN YANG MATANG.

APLIKASI
1. Menurut Anda, apa pentingnya sebuah perencanaan?
2. Apakah selama ini Anda membuat perencanaan yang matang untuk setiap apa yang akan Anda kerjakan, atau hanya mengalir saja?
3. Sudahkah Anda membuat perencanaan yang matang untuk tahun 2021? Tuliskanlah dan lihatlah pencapaian apa saja yang berhasil Anda raih di akhir tahun depan!

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, terima kasih Engkau telah mengingatkan kami akan pentingnya perencanaan yang matang. Tolong kami Tuhan, untuk dapat melihat rencana-Mu atas hidup kami. Dan berilah kami hikmat untuk dapat membuat perencanaan yang seimbang dan kuat untuk keluarga, pekerjaan dan pelayanan kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”