Kunci Untuk Menikmati Berkat Tuhan Yang Melimpah

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Mazmur 1-3
Kisah Para Rasul 17:1-15

BACAAN HARI INI

Amsal 3:1-12

RHEMA HARI INI

Amsal 3:9-10 Muliakanlah TUHAN dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu, maka lumbung-lumbungmu akan diisi penuh sampai melimpah-limpah, dan bejana pemerahanmu akan meluap dengan air buah anggurnya.

Adam dan Hawa mempunyai dua anak laki-laki, Kain dan Habel nama mereka. Setelah bertumbuh dewasa, Kain, si sulung, bekerja sebagai petani. Sedangkan Habel, adiknya, adalah penggembala kambing domba. Suatu hari, Kain dan Habel sama-sama mempersembahkan persembahan bagi Tuhan. Kain mempersembahkan sebagian dari hasil tanahnya sebagai korban persembahan untuk Tuhan, tetapi Tuhan tidak mengindahkan persembahannya. Habel juga mempersembahkan korban persembahan berupa anak sulung dari kambing dombanya dan Tuhan mengindahkan persembahannya itu.

Ketika kita sedang berbicara tentang memuliakan Tuhan dengan harta kita, kisah dua kakak beradik di Alkitab ini sering kali muncul. Karena melalui kisah mereka, kita dapat belajar bagaimana memuliakan Tuhan dengan harta kita. Tuhan berkenan akan persembahan Habel karena ia memberikan anak sulung kambing dombanya. Persembahan anak sulung ini berbicara tentang yang pertama dan utama. Habel mengutamakan Tuhan di atas segalanya, ia memberikan yang terbaik bagi Tuhan. Berbeda dengan Kain yang memberikan sebagian, yaitu sisa-sisa dari hasil ladangnya untuk Tuhan. Kain perhitungan dengan Tuhan, tetapi tidak dengan adiknya. Itulah mengapa persembahan Habel menyukakan hati Tuhan.

Ketahuilah bahwa Tuhan tidak membutuhkan uang kita. Yang Tuhan lihat adalah hati yang tulus dan rindu untuk memberi yang terbaik bagi Tuhan. Ketika kita setia serta mengutamakan Tuhan di atas segalanya, termasuk di atas harta kita, maka Tuhan akan disenangkan. Saat hati-Nya disenangkan, Tuhan pun akan mencurahkan berkat-berkat-Nya dengan melimpah atas hidup kita, karena Dia adalah Allah yang tidak pernah berhutang. Oleh sebab itu, bangkit dan jadilah terang dengan harta kita, bukan supaya kita diberkati, tetapi karena kita ingin menyukakan hati-Nya.

RENUNGAN

Memuliakan Tuhan DENGAN HARTA kita adalah KUNCI UNTUK MENIKMATI berkat-berkat-Nya yang melimpah.

APLIKASI

1. Sudahkah Anda memuliakan Tuhan dengan harta Anda? Mengapa demikian?
2. Menurut Anda, mengapa Tuhan menghendaki agar Anda memuliakan Tuhan dengan harta Anda?
3. Renungkanlah, bagaimana caranya agar Anda dapat memuliakan Tuhan dengan benar dengan harta Anda?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan, kami rindu untuk dapat memuliakan Engkau dengan harta kami. Kami mau belajar memiliki sikap hati yang benar dalam memberi, sehingga persembahan kami dapat berkenan di hadapan-Mu. Sehingga berkat-berkat-Mu boleh dicurahkan dengan melimpah dalam hidup kami dan kami boleh bangkit sebagai terang-Mu bagi sekeliling kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”