Kunci Utama Untuk Bertumbuh Dalam Anugerah

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

2 Raja-Raja 13-14
Yohanes 2

BACAAN HARI INI
1 Petrus 5:6-11

RHEMA HARI INI
1 Petrus 5:10 Dan Allah, sumber segala kasih karunia, yang telah memanggil kamu dalam Kristus kepada kemuliaan-Nya yang kekal, akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kamu, sesudah kamu menderita seketika lamanya.

“Bu, benarkah di mana ada air, di situ ada kehidupan?” tanya seorang murid ketika gurunya sedang menerangkan sejarah kehidupan umat manusia. “Lalu bagaimana dengan Mars? Katanya di sana ditemukan air, tapi buktinya tidak ada kehidupan yang ditemukan di sana.” Guru tersebut terdiam sejenak dan berkata, “Itu… adalah pertanyaan yang bagus.” Ya, sejak bumi ini dijadikan, mahkluk hidup telah bermukim di sekitar sumber air. Itu sebabnya air selalu diidentikan dengan kehidupan. Namun, seiring dengan berkembangnya teknologi, para ilmuwan menemukan keberadaan air di berbagai planet maupun benda langit dalam sistem tata surya kita. Meski demikian, tidak satu pun keberadaan makhluk hidup teridentifikasi di tempat-tempat itu. Hal ini menunjukkan, keberadaan air akan terus ada meski tanpa adanya kehidupan, tetapi tanpa air, maka tidak akan ada kehidupan.

Seperti makhluk hidup yang tak dapat bertahan hidup tanpa sumber air, demikianlah umat manusia tidak bisa mencapai kepenuhan hidupnya tanpa Tuhan Allah. Dalam segala keterbatasan kita, jika kita hanya mengandalkan kekuatan dan kemampuan sendiri, lambat laun hidup kita hanya akan menjadi kering lalu layu. Untuk banyak hal dalam hidup, yang lebih sering berada di luar kendali kita, kita butuh anugerah Tuhan. Semakin besar hal yang kita harapkan, semakin besar pula kasih karunia yang kita butuhkan.

Hari ini, apa pun yang kita butuhkan, entah itu kesembuhan, pemulihan keluarga, kebebasan dari hutang-piutang, terobosan dalam pekerjaan atau studi, ketahuilah bahwa Tuhan sudah menyediakan semuanya itu. Yang perlu kita lakukan hanyalah mendekat kepada-Nya, agar kita bisa memperoleh kasih karunia-Nya. Serahkanlah segala kekuatiran kita kepada-Nya, maka Tuhan akan melimpahi kita dengan anugerah-Nya. Dia akan melengkapi apa yang kurang, meneguhkan iman kita, dan mengokohkan hidup kita. Percayalah, saat hubungan kita dengan Tuhan bertumbuh semakin lekat, kita pun akan semakin bertumbuh dalam anugerah-Nya. (MV.L)

RENUNGAN
Salah satu kunci utama untuk dapat BERTUMBUH DALAM ANUGERAH adalah MENDEKAT KEPADA SUMBERNYA.

APLIKASI
1. Mengapa kita perlu mendekat pada Allah, sumber kasih karunia, untuk dapat bertumbuh dalam anugerah?
2. Sudahkah hidup Anda selama ini bertumbuh dalam anugerah, atau sebaliknya? Mengapa demikian?
3. Komitmen apa yang bisa Anda ambil untuk dapat bertumbuh dalam anugerah-Nya?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, terima kasih atas segala kasih karunia yang Engkau sediakan bagi hidup kami. Bawa kami lebih dekat lagi pada-Mu dari hari ke hari, agar hati kami semakin lekat dengan-Mu dan mengerti kehendak-Mu. Pakailah hidup kami sesuai dengan rencana-Mu dan untuk kemuliaan-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin”