KURANG MEMBERI WAKTU BAGI KELUARGA BISA BERDAMPAK FATAL

RHEMA HARI INI

Markus 3:25 dan jika suatu rumah tangga terpecah-pecah, rumah tangga itu tidak dapat bertahan.

Dalam sehari kita memiliki waktu 24 jam, 8 jam kita gunakan untuk tidur. Jika kita adalah sebagai orang tua yang harus bekerja, kita menghabiskan waktu minimal 8 jam juga untuk bekerja. Masih tersisa 8 jam, itupun jika kita tidak harus bekerja lembur, kumpul bersama teman, olah raga atau kegiatan yang lainnya. Kalau di hitung-hitung, waktu bagi keluarga sangatlah terbatas. Itupun belum tentu menjadi sebuah waktu yang berkualitas. Banyak keluarga ketika berkumpul bersama dalam satu ruangan, masing-masing asyik dengan gadgetnya sendiri-sendiri. Tidak ada komunikasi yang terjalin, sehingga istilah gadget mendekatkan yang jauh tetapi menjauhkan yang dekat, menjadi benar adanya.
Tanpa adanya komunikasi yang baik, hubungan antar anggota keluarga lama kelamaan akan menjauh dan renggang. Masing-masing merasa tidak perlu tahu urusan anggota keluarga yang lain. Selama mereka tidak mengeluh, bisa diartikan semua baik-baik saja. Padahal bisa jadi keluarga kita lebih suka berbagi cerita dengan orang lain, sebab mereka lebih memperhatikan dan lebih enak di ajak bicara ketimbang kita. Jika hal ini terjadi dalam keluarga kita, coba kita periksa dan koreksi diri. Mungkin kita begitu sibuk dengan banyak hal, kecuali sibuk dengan pasangan dan anak-anak kita sendiri. Mungkin kita bisa mengalokasikan waktu untuk hal lain, tetapi tidak mampu mengalokasikan waktu bagi keluarga kita sendiri.
Keadaan seperti ini tentu sulit untuk mengharapkan kebahagiaan dalam keluarga. Anak-anak tidak mendapat kasih dan pengajaran yang benar sehingga menjadi liar dan berpotensi masuk dalam pergaulan yang buruk. Pasangan yang merasa tidak diperhatikan, mulai mencari perhatian dari luar sana. Jika sudah begini, kesatuan keluarga akan terpecah-pecah. Saat goncangan datang, akan sukar bagi keluarga kita untuk bisa bertahan, bahkan bisa saja mengalami kegagalan. Hari ini, Tuhan masih memberi waktu kepada kita semua. Mari, hargai pemberian Tuhan yang sangat berharga. Mendekat pada keluarga, anak-anak kita tidak selamanya ada di rumah, pasangan kita perlu dirawat dengan perhatian dan kasih. Percayalah, waktu yang kita tabur bagi keluarga kita sekarang, akan berbuah sangat manis di masa depan. Tuhan Yesus memberkati.

RENUNGAN

KURANG MEMBERI WAKTU bagi keluarga bisa berdampak FATAL yang mengakibatkan keluarga MENGALAMI KEGAGALAN.

APLIKASI

1. Sudahkah Anda memberi waktu yang cukup bagi keluarga Anda? Apa saja contohnya?
2. Ketika anak atau pasangan Anda meminta waktu untuk bicara pada Anda, apa yang Anda lakukan sebagai respon selama ini?
3. Dampak fatal apa yang bisa Anda bayangkan jika Anda kurang memberi waktu bagi keluarga Anda? Apa keputusan Anda tentangnya?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa, terimakasih Engkau telah mengingatkan kami tentang pentingnya waktu untuk keluarga. Ampuni jika kami selama ini kurang memperhatikannya. Mampukan kami Bapa, untuk memberi yang terbaik, termasuk waktu kami, untuk keluarga yang kami kasihi. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!